Nah, minna-san. Kali ini saya akan mengulas beberapa Universitas di Jepang yang mana akan memandu minna-san semua untuk memilih universitas terbaik demi masa depan yang terbaik pula.

Saya sudah melakukan survei dengan melibatkan 99 keyword pada mesin pencari di internet untuk menemukan sumber terpercaya atas hal tersebut. Jadi, kalian tidak usah risau akan keabsahannya.

Oke, langsung saja ya, check it out.

1) The University of Tokyo

Tokyo_University

Universitas ini pasti sangat familier di telinga kita. Setidaknya nama kota “Tokyo” sendiri yang membuat kita tidak asing terhadap Jepang. Ya, ToDai atau The University of Tokyo adalah universitas nomor wahid seantero Jepang bahkan Asia. Pada tahun 1877 universitas inilah yang pertama kali didirikan di Jepang, gedung kuliah yang paling kolot di Negeri Matahari Terbit itu. The University of Tokyo adalah universitas yang terbaik, lengkap akan fasilitasnya. Laboratorium, perpustakaan, semuanya ada serta sangat luas nan besar. Kalian pasti akan dimanjakan dengan puluhan dosen hebat, membuat yang paling bodoh sekali pun menjadi hafal rumus kalkulus di luar kepala.

Sudah banyak sekali tokoh sukses dan kaum intelektual ternama yang dihasilkan oleh kampus ini. Semenjak dahulu dikenal sebagai produsen orang-orang papan atas di perusahaan serta pemerintahan Jepang atau ranah dunia. Dikenal sebagai Universitas Negeri Pertama pada Negeri Sakura, ToDai telah berkontribusi besar terhadap Ilmu Teknologi di dunia dengan menorehkan lima nama peraih nobel dari alumnusnya. Salah satu dari mereka yaitu mantan PM Jepang, Eisaku Sato. Sepuluh persen populasi mahasiswa di ToDai berasal dari luar Jepang dan 72 mahasiswa di antaranya adalah mahasiswa dari Indonesia.

Wow, jumlah yang cukup fantastis bukan? Untuk sebuah universitas yang mana orang Jepang sendiri harus berjuang mati-matian demi bisa berkuliah di sana.

2) Kyoto University

Kyoto_University

Kyoto University (京都大学) atau biasa disebut dengan Kyoto Daigaku (KyoDai) sudah berdiri semenjak tahun 1897 dengan nama Kyoto Imperial University. Sesuai dengan namanya, universitas ini terletak di Kyoto. Kota Kyoto sendiri terkenal sebagai pusat kota budaya dan adat istiadat, di sana banyak sekali museum pengetahuan, tempat bersejarah, maupun pariwisata yang menjadi incaran para traveler dari domestik maupun mancanegara. Selain itu, kota Kyoto dikenal sebagai kota pelajar yang sangat tenang nan tenteram.

Kyoto tak ubahnya Yogyakarta atau Solo-nya Jepang. Kyoto University memiliki tiga kampus cabang dengan kampus utama berada di pusat kota Kyoto, yakni Kampus Yoshida. Dua kampus lainnya bernama Kampus Uji serta Kampus Katsura. Perguruan tinggi ini berstatus Negeri dan merupakan universitas kedua tertua di Jepang setelah Tokyo University. Tercatat ada sekitar 1300 mahasiswa internasional berkuliah di sana dan dari Indonesia kurang-lebih berjumlah 51 mahasiswa yang menimba ilmu.

Kyo-Dai adalah kampus yang tidak kalah kerennya dengan Tokyo University. Kampus tersebut sudah banyak juga mencetak tokoh-tokoh ternama, beberapa di antaranya bahkan penulis dan seniman luar biasa. Ayo, siapa yang mau kuliah di salah satu universitas kota Kyoto? Setelah pusing dengan mata kuliah, tentunya kalian bisa berekreasi sejenak menjernihkan pikiran kalian dengan pemandangan alam sekitar yang indah lho.

3) Ritsumeikan Asia Pacific University

Ritsumeikan_APU_University

Bersumber situs regional Jepang apu.ac.jp, Ritsumeikan Asia Pacific University ( APU ) adalah universitas besar yang berdiri pada tahun 2000, berlokasi di kota Beppu, Oita. Sejak awal dikonstruksi, Ritsumeikan APU sudah dicanangkan untuk menjadi universitas multi budaya dan sudah menerapkan pengajaran bilingual. Hebat bukan?

Perbandingan mahasiswa domestik dan internasional di Ritsumeikan APU sendiri hampir mencapai 50 banding 50. Sebanyak 209 mahasiswa Indonesia berkuliah di sana. Jumlah yang bukan main. Hal ini disebabkan Ritsumeikan APU banyak mengadakan seminar serta promosi tentang kampusnya di Nusantara.

Selain itu, pihak universitas di Jepang juga banyak menggelontorkan beasiswa belajar ke Jepang bagi calon mahasiswa dari Indonesia. Hei, ada hal yang menarik dari universitas satu ini. Tepatnya pada bulan September 2014, mantan presiden kita, Susilo Bambang Yudhoyono, pernah mendapatkan Honoris Causa dari Ritsumeikan APU. Selamat ya, Pak!

4) Waseda University

Waseda_University

Bermula dari situs waseda.jp, saya mendapat informasi bahwa Waseda University (早稲田大学) adalah salah satu universitas papan atas di Jepang, ia telah menetaskan tujuh Perdana Menteri jempolan. Para alumnusnya pun diketahui tersebar di berbagai bidang pada seluruh penjuru dunia. Meski berstatus universitas Swasta, namun popularitas dan kualitas kurikulumnya tak perlu kita ragukan lagi. Contoh lulusannya saja merupakan Perdana Menteri, bagaimana bisa kita meragukan bobot dari Waseda Daigaku?

Waseda University sendiri mempunyai sejumlah kampus di berbagai daerah. Misalnya di kota modern Tokyo, pada Waseda, Toyama, Kikuicho, Nishiwaseda dan Higashifushimi. Kemudian kota Saitama, pada Tokorozawa dan Honjo. Serta terakhir di Fukuoka, pada Kitakyushu.

Saat ini di Waseda University memiliki 4.500 mahasiswa asing dari 100 negara dan ada sekitar 59 mahasiswanya berasal dari Indonesia. Wah, lumayan banyak ya? Pasti kita dapat temen seamben deh di sana.

5) Tohoku University

Situs campus.bureau.tohoku.ac.jp memberi tahu bahwa Universitas Tohoku lahir di Sendai pada tahun 1907. Digadang-gadang sebagai Universitas yang mengombinasi sebuah Perguruan Tinggi Pertanian dan Perguruan Tinggi Ilmu Sains. Universitas Tohoku merupakan universitas tertua ketiga di Jepang setelah para pendahulunya Tokyo University dan Kyoto University.

Tohoku berstatus universitas negeri dan menjadi pion terdepan bagi universitas yang membuka pendaftaran terhadap mahasiswa asing. Tohoku dikenal lebih berorientasi kuat terhadap riset akademik, menyekolahkan sekitar 76 mahasiswa dari Indonesia, peringkat 3 terbanyak dari mahasiswa asing negara lain.

Itulah informasi dari 5 universitas di Jepang yang  dapat kumpulkan. 😀

Bisa melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di luar negeri tentunya adalah mimpi terbesar bagi setiap pelajar Indonesia. Termasuk belajar di Negeri Pencipta Sushi, Jepang. Memang terlihat berat, mengingat meraih beasiswa bukanlah hal yang mudah. Tapi yakinlah bahwa tiada kerja keras yang sia-sia dan tiada doa yang tak diijabah oleh Tuhan. Maju terus, pantang mundur, dengan harapan serta cita-cita kau pasti akan menggapai impian tersebut. Dan pada akhirnya, ulat bulu yang menjijikkan pun akan segera menjelma sebagai kupu-kupu yang indah. 🙂

Oke, Akiba-chan dan Akiba-kei semua. Sampai jumpa lagi. ^^ Di lain waktu saya akan mengumpulkan informasi beasiswa ke Jepang yang mudah didapat oleh kita-kita yang punya IQ otak cuma 5 watt saja, redup banget. :p  Bahkan tesnya bisa lewat media internet. Di tunggu ya, pantengin terus Akiba Nation. Save ke bookmark browser bila perlu.

SHARE
Previous articleBABYMETAL “Metal Resistance” Segera Mengguncang Hati Dan Duniamu
Next articleSTARMARIE, bawakan Soundtrack Anime Baru adaptasi Game MMO ONIGIRI
Winata SilenceAngelo merupakan seorang penulis remaja yang lahir pada 3 September 1997 di kota Karawang. Kecintaannya terhadap diksi yang melankolis serta menyentuh mengantarkannya ke dunia kepenulisan. Pada umurnya yang masih sangat muda ini, ia berhasil meraih beberapa penghargaan sastra serta menjadi kontributor dari buku-buku puisi. Menurut Winata, dalam sebuah naskah, entah itu novel, cerpen, esai, puisi, atau sekadar kata-kata, yang terpenting adalah unsur amanat. Seperti ketajaman pada ujung mata pedang, amanat merupakan apa yang menjadi tolak ukur suatu seni. Di sanalah segala dari pemikiran sang penulis bermuara, hingga kemudian menunjukan keindahannya dengan sangat artistik.