Beberapa waktu yang lalu kita digemparkan oleh kasus pelecehan seksual yang sangat ekstrim yang terjadi di masyarakat. Tak hanya di Indonesia, di negara yang katanya aman nyaman semacam singapura juga akhir-akhir ini juga semakin marak. Bahkan sampai ada yang masuk ke ranah pembuhunan. Ngeri sekali. Dan pada kenyataannya, di negara maju seperti Jepang pun tak lepas dari permasalahan kompleks macam pelecehan seksual atau cabul atau yang biasa anak otaku sebut dengan bahasa beken “sekuhara”. Mimin lihat kemarin sempat juga heboh salah satu anak emas Johnny’s Entertainment berulah dan melakukan sekuhara (yah meskipun menurut klarifikasinya karena mabuk dan nggak sengaja sih).

Sejatinya sekuhara sudah muncul sejak lama. Dan kalau di jepang, dahulu, cenderung sering terjadi, terutama di kereta atau kendaraan umum yang sedang padat-padatnya. Untuk menyikapi hal tersebut berbagai macam usaha pemerintah dikerahkan supaya pelaku sekuhara jera, atau lebih tepatnya supaya mereka tak punya nyali untuk melakukan perbuatan salah tersebut.  Mulai dari pasal undang-undang dan hukuman yang tegas + jelas, bentuk pengucilan + pandangan sebelah mata dari lingkungan, sampai dengan mengedukasi masyarakat mulai dari anak sekolah dasar sampai dewasa.

poster2

Seperti halnya terobosan baru yang kemarin booming di Prefektur Aichi. Wilayah bagian selatan jepang tersebut memutuskan menggunakan ‘cara halus tapi mematikan‘ untuk menyatakan perang terhadap para pelaku sekuhara. Cara mereka cukup unik, yaitu dengan menyebarkan poster poster tentang pengecaman sekuhara di sepanjang jalur pemberhentian kereta. Hal ini dilakukan supaya para perempuan merasa nyaman saat bepergian di wilayah Aichi. Nah, keunikan dari poster ini terletak pada gambarnya yang nggak biasa. Bukan berupa tulisan panjang lebar yang bikin sepet mata. 😀 Tetapi berupa jajaran bishounen/cowok-cowok ganteng dari dunia anime serta beberapa sosok polisi wanita yang moe. (lihat gambar diatas)

Salah satunya seperti poster dibawah ini. Di dalam poster tersebut muncul tiga cowok cakep yang memperingatkan pelaku sekuhara dengan kata-kata sindiran khas ala anime:

「信じられない、同じオトコとして情けないよ。」 / Shinjirarenai, Onaji otoko toshite nasakenaiyo.
“Astaga,…sebagai sesama lelaki…aku merasa itu sangat memalukan…”

Poster1

ada juga tulisan yang lain seperti “ih goblok deh, kok bisa-bisanya menganggu orang lain, harga dirimu dimana?!” plus yang bikin menohok “andaikan orang tuamu tau bahwa kau seorang CABUL, mau ditaruh mana muka mu?” Dalam poster tersebut juga terdapat nomor telepon yang siap membantu setiap saat bila kalian menemui atau mengalami sekuhara. Segeralah laporkan pada pihak berwajib. 😀

Menanggapi poster unik yang beredar, sebagian besar netizen beranggapan tidak akan banyak berpengaruh. Namun banyak juga yang menyatakan komen positif bahwa poster tersebut cukup bekerja sebagai pecutan jera untuk cowok-cowok nakal. Nah pembaca Akibanation yang setia, bagaimana menurut kalian? 😀