Dimana ada awal juga ada akhir, dan itu berlaku juga untuk seri manga. Bahkan walaupun manga tersebut ada lanjutan berupa sequel atau spin-off, lanjutannya itu juga pasti akan berakhir juga. Contohnya sebuah seri manga berjudul Himouto Umaru-chan, yang sempat membuat kisah lanjutan juga, tapi sekarang manga kelanjutannya, Umaru-chan G tamat juga. Tapi setidaknya sang mangaka juga sedang siapkan karya baru.

Himouto Umaru-chan adalah manga karya Sankaku Head yang diserialisasikan dari tahun 2013 sampai tahun 2017 lalu dalam majalah manga mingguan Young Jump. Seri tersebut juga telah mendapatkan adaptasi anime sebanyak dua season.

Tapi diawal penayangan season kedua animenya, seri tersebut secara mengejutkan memberikan pengumuman kalau final chapternya sebentar lagi dirilis, yaitu pada isu ke-50 majalah manga Young Jump.

Tapi kemudian diberikan pengumuman lanjutan, bahwa seri manga Himouto Umaru-chan juga tetap akan lanjut. Manga tersebut berlanjut dengan judul Umaru-chan G yang dimulai dari isu ke-53 Young Jump.

Tapi sekarang, walau perjalanannya hanya sekitar lima bulan, kisah manga Umaru-chan G juga selesai. Chapter terakhirnya dirilis dalam isu ke-20 tahun 2018 dari majalah manga Young Jump, yang telah dirilis minggu ini.

Sang mangaka, Sankaku Head, juga memberikan update melalui Twitter miliknya dihari yang sama dengan chapter terakhir dari Umaru-chan G dirilis. Memberikan terima kasih kepada para pembaca yang telah mendukung kisah Umaru-chan. Ia juga memberikan pengumuman kalau buku tankoubon dari Umaru-chan G telah dijadwalkan untuk dirilis sekitar bulan Juni nanti.

Sedih nih mina-san kisah Umaru-chan akhirnya benar-benar selesai 🙁 memang sih saat ia mengumumkan Umaru-chan G, Sankaku Head mengatakan kalau seri itu akan berlanjut sedikit lebih lama, jadi memang serialisasinya juga tak begitu lama.

Tapi yah, perjalanan seorang mangaka tetap tak selesai walaupun satu ceritanya telah berakhir. Karena seperti Mashima Hiro mangaka Fairy Tail dan Kishimoto Masashi mangaka Naruto yang tetap lanjut membuat manga baru, begitu juga dengan Sankaku Head. Dalam Tweet darinya yang lain lagi, Sankaku Head juga sedang mempersiapkan berbagai hal untuk Manga yang berikutnya. Ia mengatakan ia berusaha memulainya secepat mungkin. Ganbatte Sankaku sensei~

https://twitter.com/sankakuhead/status/986629172758962176