Ultraman adalah seri tak hanya populer di Jepang tapi juga sampai keluar. Contohnya di Asia Tenggara ini, ada karakter original Ultraman Ribut dari seri kartun Malaysia Upin Ipin, dan Bolt dari Indonesia juga pernah menggaet Ultraman Tiga. Sementara itu, baru-baru ini ada kabar Ultra menarik akan negara Asia Tenggara lagi, dengan Ultraman digaet ikutan merayakan hubungan diplomatik antara negara Jepang dengan negara Singapore.

Ya, sesuatu yang mungkin agak mengejutkan, dengan karakter Ultraman pertama ditemukan dalam visual berjudul SingapoReImagine, menampilkan sang raksasa merah perak berdiri diantara hotel Singapore yang mendunia Marina Bay Sands dan patung Merlion yang ikonik.

Kenapa bisa begitu? Seperti yang dikatakan diawal, gambar tersebut melambangkan perayaan dari hubungan diplomatik antara negara Jepang dengan negara Singapore, yang pada tahun 2021 ini menginjak umurnya yang ke-55 tahun.

Dan ternyata, itu bertepatan juga dengan perilisan karakter Ultraman di Jepang. Seri Ultraman buatan Tsuburaya Production tersebut pertama ditayangkan di channel TV Jepang TBS atau Tokyo Broadcasting System pada tahun 1966, jadi saat ini franchise Ultraman juga sedang merayakan anniversary 55 tahunnya.

Ini membuat STB atau Singapore Tourism Board mengangkat Ultraman menjadi wajah dari perayaan tersebut, yang diberi nama SJ55, dan sang karakter tersebut juga hadir pada konferensi pers campaign perayaan itu.

Dikatakan kalau perayaan ini dilakukan untuk menjadi jembatan dari masalah larangan travel yang disebabkan pandemik coronavirus, yang saat ini masih lumayan ganas di berbagai negara, dan juga pada kedua negara tersebut.

Beberapa projek dikatakan sedang direncanakan untuk membuat orang Jepang dapat menikmati Singapore tanpa perlu pergi keluar Jepang. Perayaan besar ini akan berlangsung dalam waktu yang lumayan lama, dengan dikatakan kalau perayaan tersebut akan berlangsung dari bulan Juni ini sampai bulan Desember 2022 nanti.

Dalm periode perayaan tersebut dikatakan kalau ada rencana bagi karakter Ultraman untuk hadir dalam movie original dan juga ditampilkan dalam berbagai merchandize spesial. Info lebih akan diberikan lagi nantinya.