Negara Jepang memiliki pengaruh yang begitu besar di dunia ini. Tapi secara geografi, Jepang adalah negara Kepulauan dengan ukuran, yang dari peta-peta, tak terlihat begitu besar. Bahkan jika kita melihat peta dunia, kepulauan negara kita Indonesia lebih terlihat dibandingkan kepulauan Jepang. Dan sepertinya para penduduk Jepang juga berpikir begitu, karena baru-baru ini para netizen Jepang dikejutkan ukuran asli kepulauan Jepang.

Ini bermula dari seorang user Twitter bernama Kukking10chan. Ia membagikan Tweet yang dibuka dengan Disclaimer, mengatakan kalau ia tidak menulis Twet itu dalam keadaan mabuk. Ia sedang mengobrol dengan teman kerjanya mengenai ukuran negara Jepang, dan kemudian temannya menunjukkan sebuah gambar.

kepulauan jepang

Gambar tersebut adalah benua Eropa, dan ditindih diatasnya adalah kepulauan Jepang, dan keduanya dalam ukuran asli mereka. Kukking terkejut, melihat bahwa ternyata aslinya kepulauan Jepang lebih besar dari yang biasanya tergambar di peta.

Hal ini disebabkan oleh Proyeksi Mercator, proyeksi peta silinder yang dipopulerkan oleh kartografer Flandria Gerardus Mercator. Dan memang, peta tersebut sangat populer sampai sangat umum dipasangkan di sekolah-sekolah dan juga tempat-tempat lain, bahkan sampai di Google map.

Tapi kekurangan dari peta tersebut, seperti yang telah terlihat, adalah ukuran daratan-daratan pada peta jadi tak terlihat seperti ukuran aslinya. Itu sendiri karena memang planet Bumi berbentuk bola, membuat menggambar peta dunia secara akurat pada permukaan datar menjadi sesuatu yang hampir tak mungkin.

Dan Kukking berpikir kalau ada banyak juga orang Jepang lain yang tak menyadari ukuran asli negara Jepang. Dan menurut berbagai komen-komen yang dikatakan para netizen, Ya, banyak yang terkejut dan banyak juga yang tak mengetahui hal ini.

Bahkan ada yang mengatakan kalau ada guru sekolah yang tak mengetahuinya, dan ada juga yang mengatakan mereka tak diajarkan mengenai ini. Selain itu, ada juga yang mengucapkan terima kasih pada Kukking atas memberitahukan fakta yang menarik ini.

Menarik sekali ya mina-san 😉 betewe bagi yang tertarik ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai perbandingan ukuran asli daratan-daratan dunia, beberapa yang berkomentar juga membagikan website bernama truesize yang berfungsi untuk menunjukkan ukuran daratan yang asli.

Comments