Tahun baru menjadi event yang besar di seluruh dunia, apalagi di negara Jepang, dan begitu juga dalam dunia animanga dan game di negara itu. Beragam nama besar industri anime meramaikan tahun baru 2020 dengan ucapan selamat, dan studio anime terkemuka Ghibli juga salah satunya. Dan ucapan tersebut juga spesial, karena secara mengejutkan, mereka memberikan tease kalau studio tersebut ada projek anime Ghibli baru lagi!

Pada tahun baru 2020, studio Ghibli memberikan ucapan selamat mereka akan tahun yang baru dengan memberikan beberapa penjelasan dan juga ilustrasi pada website official mereka. Gambar tersebut berupa tikus yang kebocoran membawa emas dan juga diramaikan beberapa ekor tikus lain, yang merefleksikan 2020 sebagai tahun dari shio tikus.

Sesuai dengan hal itu dan bagaimana shio tikus dikenal sebagai simbol keberuntungan dan kesuburan, studio Ghibli berharap agar tahun 2020 bisa menjadi tahun saat masyarakat yang stagnan dari negara Jepang bisa menjadi baru.

Kemudian mereka juga membicarakan bencana-bencana yang terjadi di Jepang pada tahun sebelumnya, seperti serangan taifun dan badai yang melanda kota-kota di Jepang. Mereka mendoakan para korban bencana untuk bisa membangun ulang hidup mereka secepat mungkin.

Dan selain itu, mereka juga memberikan penjelasan akan berbagai projek yang sedang mereka kerjakan. Ada taman rekreasi Ghibli yang direncanakan untuk dibuka pada tahun 2022 di Aichi. Kemudian juga selesainya penampilan Kabuki Nausica pertama di Ginza, dan akan lanjut ke kota lain.

Mereka juga membicarakan perkembangan yang dilakukan diluar Jepang, yang mungkin mereferensikan perilisan film-film anime lama mereka melalui HBO MAX yang dilakukan tahun 2020 ini. Tapi ternyata tak hanya anime Ghibli lama, karena ada juga mengenai anime baru. Dengan mereka sempat mengatakan sedang mengerjakan DUA projek anime.

Dari perkataan itu, bisa dipastikan kalau ada anime Ghibli baru yang sedang dikerjakan, yang diluar projek anime Dou Ikiruka yang sedang pribadi dikerjakan oleh Miyazaki yang beberapa minggu kemarin dikabarkan sudah selesai 15%. Waaah projek anime baru apa ya ini? Semoga diberi update lagi nantinya.