Turut Berduka, Wafatnya Miura Kentaro Mangaka Berserk

0
209

Kabar duka memang sesuatu sedih, dan hal tersebut baru dikabarkan terjadi pada dunia animanga. Dimana diumumkan wafatnya salah satu mangaka veteran terpopuler saat ini, dengan ketenaran yang sampai keluar Jepang juga. Dan ia adalah sang mangaka dari salah satu seri animanga fantasy tergelap, brutal, dan terkenal saat ini, yaitu seri Berserk. Ya, baru diumumkan kalau Miura Kentaro telah meninggal beberapa minggu lalu.

Miura Kentaro adalah mangaka yang telah membuat berbagai karya, diantaranya adalah Giganto Maxia dan Duranki. Tapi karyanya yang paling terkenal adalah seri Berserk. Manga dark fanfasy yang mengisahkan petualangan seorang ksatria berpedang raksasa bernama Guts.

Ia menjelajah dan membunuh monster di berbagai tempat, dalam perjalanan untuk membalas dendam pada mantan temannya yang bernama Griffith yang mengkhianatinya dengan membunuh teman-temannya yang lain dan juga memperkosa pacar Guts yang bernama Casca untuk menjadi seorang demon.

Berserk telah diadaptasi menjadi game dan juga beberapa anime. Anime Berserk pertama tayang tahun 1997 sampai 1998, yang dapat kelanjutan yang tayang tahun 2017 sampai 2018, dan selain itu juga ada trilogi movie yang mengadaptasikan arc cerita Golden Age.

Manga Berserk itu sendiri pertama dimulai dalam bentuk one shot yang dibuat Miura tahun 1988, dan kemudian jadi seri yang dimulai dari tahun 1989 dan masih berjalan… Dan itulah yang membuat kabar ini terasa extra menyedihkan lagi. Karena seperti yang dikatakan diawal, Miura Kentaro dikabarkan telah meninggal.

Hakusensha penerbit dari manga Berserk memberikan pengumuman tersebut. Dikatakan kalau Miura telah wafat pada tanggal 6 Mei kemarin dan penyebabnya adalah Acute Aortic Dissection, kondisi serius dimana terjadi sobekan pada lapisan dalam aorta, bagian pembuluh darah besar yang bercabang dari jantung, dan juga yang jadi penyebab kematian seiyuu Tsuru Hiromi.

Ia meninggal diumur yang masih lumayan muda pada 54 tahun, dan juga meninggalkan karya besar yang masih belum jelas bagaimana kelanjutannya untuk kedepan. Duka para fans terasa tak hanya di Jepang tapi juga diluar, dengan berbagai post mengenai Berserk dan Miura yang membuatnya jadi trending topic di Amerika dan Eropa. Selamat jalan Miura sensei 🙁