Kabar duka memang hal yang membuat hati sedih, tapi mau tak mau kabar macam itu bisa terjadi dalam hidup, dan ini adalah salah satunya. Dan kabar duka kali ini berasal dunia anime seiyuu, dengan meninggalnya salah satu seiyuu veteran yang telah mengisi suara berbagai karakter klasik. Ia adalah seiyuu Tsujitani Kouji, yang meninggal karena stroke di Tokyo minggu kemarin diumurnya yang ke-56 tahun.

Tsujitani Kouji adalah pengisi suara yang lahir di Kodaira, Tokyo, dan memulai karirnya sebagai pengisi suara sejak tahun 1988. Ia lumayan aktif dalam franchise Gundam, dimana ia mengisi suara karakter dalam berbagai seri Gundam.

Ia mengisi suara karakter Bernard Wiseman dalam Mobile Suit Gundam 0080 dan karakter Seabook Arno dalam Mobile Suit Gundam F91. Ia juga mengisi suara Bernie Wiseman dalam SD Gundam’s Counterattack dan Knight Zeta dalam SD Gundam Legend.

Tapi tentu ia tak hanya mengisi suara disitu. Seri terkenal lain yang disuarainya adalah anime Inuyasha dimana ia mengisi suara si biksu mesum Miroku, dalam anime dan movie Eureka Seven sebagai Dewey, dan dalam beragam game dan anime Sengoku Basara sebagai Asai Nagamasa.

Menariknya, ternyata Tsujitani-san tak hanya seorang pengisi suara, tapi juga bekerja sebagai sound director dalam berbagai anime. Contohnya dalam anime Senran Kagura pertama, GLASSLIP, Gurazeni, Fate/Stay Night, dan Showa Genroku Rakugo Shinjuu.

Tapi sayang sekali ia takkan dapat menjadi suara karakter-karakter keren yang disuarainya itu setelah ini, karena ia meninggal pada tanggal 17 Oktober kemarin. Seperti yang telah dikatakan, ia meninggal karena stroke, yang mengejutkan karena padahal pada tanggal 14-nya ia segar bugar dan tampil dalam konser band BLUSEED.

Tsujitani adalah salah satu member band tersebut, bersama seiyuu veteran lain Tachiki Fumihiko, dan acara konser tersebut adalah debut band itu. Tapi walau pada saat itu ia dilaporkan sehat, pada tanggal 17-nya dikatakan kalau ia terjatuh karena stroke dan meninggal dihari yang sama.

Watanabe Kumiko, sesama seiyuu dan juga istri dari Tsujitani, dan bersama teman dan kerabatnya, menghadiri acara dukanya pada tanggal 21, yang diikuti dengan pemakamannya pada tanggal 22 kemarin. Terima kasih Tsujitani Kouji-san, suara anda sebagai Miroku, Dewey, dan karakter anda yang lainnya akan dikenang 🙁

Comments