Doraemon adalah animasi kesayangan anak-anak selama bertahun-tahun lalu. Bercerita tentang keseharian Nobita, seorang remaja laki-laki berkacamata yang culun, bodoh, dan juga cengeng, sering meminta bantuan pada Doraemon untuk mengeluarkan alat ajaibnya. Dia berteman dengan Shizuka, gadis idaman semua cowok. Suneo yang suka pamer. Dan, Giant, si bongsor yang suka menghajar anak lain. Nah, si Giant ini adalah biang kerok bagi Nobita. Ia sering membuat masalah, mem-bully, dan mengejeknya. Namun, di balik semua sifat jelek yang si bongsor itu punyai, ada kelakuan baik dari Giant yang bisa kita jadikan teladan. 😀

Nah, semua kelakuan baik dari Giant itu telah Akiba Nation rangkum dalam artikel kali ini. Ada setidaknya 7 contoh sifat baik Giant yang bisa Minna-san sekalian tiru. Beberapa poin tersebut merupakan sisi positif dari karakter bernama asli Takeshi Gouda ini, meski terkadang bertingkah menyebalkan. Yah, semua orang memang punya sisi positif dan negatifnya masing-masing, bahkan karakter fiksi pun mempunyainya. Oleh sebab itu kita tidak boleh sesuka hati men-‘judge’ seseorang. Apa saja poin kelakuan baik dari Giant? Yuk, simak selengkapnnya di bawah ini.

1. Pemberani

Hahaha… Dasar payah! Baru segitu saja sudah kabur!

Yup, yang satu ini sih tidak usah ditanyakan lagi. Semua tukang bully itu diharuskan memiliki sifat pemberani. Meski takut, ya harus dipaksakan berani. Mana bisa mem-bully orang lain kalau dia sendiri saja penakut? Malah, ditertawakan nantinya. Begitulah dengan Giant. Walau dia juga memiliki rasa takut, si bongsor tersebut tetap memilih untuk berani. Betul sekali, tidak ada pilihan lain selain memberanikan diri! Salah satu contoh kelakuan baik dari Giant adalah di movie Nobita dan Legenda Raja Matahari. Di perjalanan menyelamatkan Kuku dari penyihir jahat Redina, gurunya yang sering mengajari Giant berlatih bela diri tombak terpeleset dan jatuh ke dasar lembah di mana terdapat banyak ular putih. Giant yang terkejut hendak menjatuhkan diri demi menyelamatkan gurunya. Untung saja dijaga sama Nobita dan kawan-kawan.

2. Menghormati Orangtua

Anak idaman itu yang patuh sama orangtuanya tahu!

Benar, Giant adalah sosok anak yang sangat hormat pada orangtuanya, khususnya ibu. Yah, walau bisa dibilang juga sifat menghormati ini datang dari rasa takutnya pada sang mama tersebut. Jika ibu Giant menyuruhnya, tidak ada kata lain selain jawaban “iya”. Giant memang seorang penurut, jarang sekali bantahan yang keluar dari mulutnya atas perintah orangtua. Menunggui toko, melayani pelanggan, menjaga kebersihan tempat, memindahkan barang-barang jualan, dan sebagainya, Giant lakukan dengan rajin. Terkadang, Giant disuruh pergi oleh ibunya ke supermarket yang letaknya lumayan jauh dari rumah untuk membeli sesuatu. Beginilah sosok anak idaman semua orangtua.

3. Sayang Adik

Cup, cup, jangan menangis Jaiko adikku sayang~

Jaiko adalah adik yang paling disayangi olehnya, apa pun dilakukan Giant demi bisa melihat adiknya bahagia. Meski Jaiko tempramen, mudah marah, dan sering ngambek jika keinginannya tidak dituruti, Giant tetap sabar. Ia bersikap lembut dalam menghadapi sifat adiknya yang keras kepala. Contoh paling indah dari sekian kelakuan baik dari Giant itu adalah ketika ia mendapati sang adik kurang bersemangat. Jadi begini, Jaiko punya hobi menggambar dan bercita-cita menjadi seorang mangaka (komikus Jepang). Ia telah banyak berlatih menggambar komik, lalu berusaha memasukkannya ke penerbit, akan tetapi pihak editor sering menolak naskahnya dengan alasan gambar Jaiko terlalu kasar. Oleh sebab itu, Giant memaksa teman-teman Jaiko untuk memuji gambar tersebut demi bisa membangkitkan kembali semangat adiknya.

Baca juga: 6 Sifat Conan yg Memberikan Pelajaran Berharga Bagi Para Penggemarnya

4. Setia Kawan

Aku akan menyelamatkan kalian, tenang saja!

Mungkin Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian juga sering dibuat kesal dengan perbuatan Giant. Bagaimana tidak, baru awal-awal saja sudah terlihat bahwa ia sering kali mengejek Nobita dan juga membuatnya dalam masalah. Bahkan, ia tak segan untuk memukul Nobita. Hal tersebutlah yang membuat Nobita sering meminta bantuan Doraemon untuk membalas perbuatan Giant padanya. Namun, jika Minna-san memperhatikan dalam setiap movie Doraemon yang ditayangkan, Giant punya karakter yang setia kawan. Giant selalu berusaha melindungi teman-temannya dalam menghadapi musuh. Ia pula bukan tipikal orang yang mudah meninggalkan temannya yang sedang kesulitan. Ia tetap menghadapi semua lawan bersama-sama dengan gagah berani.

5. Bersemangat

Ayo semangat dong, Suneo!

Giant adalah satu-satunya karakter yang digambarkan paling bersemangat di animasi Doraemon. Ketimbang yang lain, si badan besar tersebut lebih mempunyai usaha yang gigih serta pantang menyerah. Giant juga akan menyemangati rekan-rekannya ketika mereka kehilangan semangat juang mereka. Salah satu kelakuan baik dari Giant yang wajib Minna-san jadikan teladan adalah saat ia memberikan dukungan pada Suneo. Ya, temannya yang suka pamer satu itu memang cengeng dan penakut. Ia pula pesimis serta mudah menyerah. Hal pertama yang dilakukan Suneo ketika melihat tantangan besar ialah berkata bahwa hal tersebut merupakan hal yang mustahil. Tapi bagi Giant sebaliknya. Ia merasa bahwa hal mustahil apa pun bisa menjadi mungkin bagi seseorang, selama ia mempunyai kemauan kuat dan tekad yang besar.

6. Percaya Diri

Suaraku memang cetar-membahana-badai!

Jika ada nominasi siapa tokoh anime yang punya kepercayaan diri paling tinggi, maka Giant-lah yang pasti menang di urutan pertama. Dia bahkan tidak merasa suaranya jelek dan pe-de saja bernyanyi di hadapan Nobita dkk. Padahal, nyanyiannya tersebut bisa membuat gendang telinga orang yang mendengarnya pecah dalam hitungan detik. Sifat percaya diri dalam diri Giant itu memang perlu kita contoh, Minna-san. Akan tetapi jangan berlebihan.

7. Sportif

Ayo berolahraga bersamaku! via Devianart

Sportif di sini dalam artian menyukai olahraga ya, Minna-san. Bukan bermakna jujur dan tidak curang ketika bertanding. Yup, Giant merupakan seorang yang sportif. Ia sangat gemar dengan yang namanya olahraga. Di movie Nobita dan Legenda Raja Matahari contohnya, Giant memohon pada guru yang melatih Pangeran untuk mengajarinya juga bela diri tombak. Ia belajar dengan rajin dan penuh semangat. Dirinya juga terbilang berbakat di bidang yang membutuhkan kelebihan fisik itu. Contohnya saja, ia berhasil mengalahkan murid-murid yang lain, padahal baru saja ikut belajar bela diri di sana. Kelakuan baik dari Giant satu ini wajib Minna-san tiru, ya. Terutama bagi Akiba-kei dan Akiba-chan di rumah. Menyukai olahraga dapat membuat tubuh sehat, ideal, dan mencegah obesitas.

Itulah 7 kelakuan baik dari Giant yang patut Minna-san jadikan teladan di rumah. Yah, seperti sebelumnya, bagaimana pun seseorang memang mempunyai sisi positif dan negatifnya masing-masing. Bahkan, ada pepatah yang mengatakan bahwa manusia bukanlah iblis yang selalu berbuat jahat, bukan pula malaikat yang selalu berbuat baik. Manusia adalah makhluk Tuhan yang spesial. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here