Dimana ada awal pasti ada akhir, termasuk seri animanga. Setelah sekian lama berlangsung, menghasilkan tak hanya adaptasi anime dan juga film live-action seru dan beberapa game, seri JUMP manga Gintama buatan Sorachi Hideaki sensei akhirnya memasuki babak akhir ceritanya, dan seri itupun tamat dan berakhir happily ever after… TAPI ternyata tidak semudah itu, karena baru diumumkan kalau manga Gintama gajaditamat(LAGI)!

Sebelumnya dikatakan kalau manga Gintama akan tamat pada chapter 698 yang dirilis dalam majalah manga mingguan Shonen JUMP yang dirilis dalam bulan September. Akan tetapi pada chapter itu diberitahukan kalau manga Gintama akan lanjut sediki~t lagi, dan itu chapter “terakhir” mereka di Shonen JUMP, karena mereka akan pindah ke majalah bulanan JUMP Giga.

Dan dalam majalah manga JUMP Giga tersebut diumumkan kalau manga Gintama akan berlanjut sebanyak tiga chapter lagi disitu, dengan bagian pertamanya dirilis pada akhir Desember 2018. Jadi bagian kedua pada bulan Januari 2019, dan yang terakhirnya bulan Februari ini.

Dan memang hal tersebut terlihat di-hype oleh JUMP Giga, dengan cover majalahnya bulan ini merupakan gambar spesial Gintama, dengan para karakter utama; Yorozuya, Shinsengumi, dan kawan seperjuangan Gin-san juga muncul, dengan kanji bertuliskan Gintama Final… TAPI~

Jika dilihat baik-baik, tulisannya sebenarnya mengatakan Gintama Final(kah?) yang seperti memberikan candaan kalau itu mungkin bukan yang terakhir. Tapi yaa seri itu sudah berkali-kali mengundur tamat, pasti ini benar-benar selesai dan tamat, iya kan?…

Ooo tapi ternyata sungguh tak semudah itu bagi Sorachi Hideguso. Karena dalam chapter tersebut, diperlihatkan Gintoki yang menunduk dalam posisi Dogeza, posisi permohonan maaf yang sedalam-dalamnya, dengan wajah babak belur, dan tertuliskan sebuah penjelasan disampingnya.

Akhir dari Manga Gintama akan berlanjut sedikit lagi. Dengan chapter manga Gintama yang baru setelah itu akan terus berlanjut dengan diterbitkan melalui app official seri Gintama. Dikatakan kalau chapter tersebut dapat dibaca gratis dalam app tersebut…

Yaa memang sih bisa dibilang “tamat” di JUMP Giga 😀 memang nih Sorachi sensei terlalu banget ngeTrollnya. Mungkin sudah ada yang bisa menebak “akhir” macam ini ya dari seri Gintama. Sepertinya seri ini takkan bisa tamat dengan mulusss.