Kemarin-kemarin, seri Detective Conan mendapatkan “serangan” protes dari salah satu pembawa acara talk show terkemuka di Amerika, Conan O’Brien. Ia merasa kalau karakter Detective Conan memiliki terlalu banyak kemiripan dengannya, membuatnya berpikir kalau karakter itu bagaikan “bajakan” darinya. Dan sekarang, dikabarkan kalau trolling Conan O’Brien tersebut direspon oleh walikota Hokuei Conan Town!

Ya, agak mengejutkan juga, tak hanya pihak dari Jepang mau memberikan respon kepadanya, tapi respon yang diberikan juga lumayan cepat, sesuatu yang juga agak mengejutkan Conan O’Brien. Dan respon tersebut dijawab melalui Facebook official Kota Hokuei di Prefektur Tottori.

Kota tersebut adalah tempat mangaka Conan, Aoyama Gosho, dilahirkan, dan karena itu mereka memiliki nama alternatif Conan Town, dan ada banyak serba-serbi Edogawa Conan disitu. Dari keretanya sampai ada patung karakter Conan.

Dan mereka memberikan respon dalam bahasa Inggris kepada Conan O’Brien, yang terlihat mengikuti candaan trolling ini. Pertama, mereka berterimakasih! Karena memang hal ini bisa membuat Kota Hokuei dikenal juga oleh orang-orang luar Jepang, jadinya bisa meningkatkan pemasukan dari turisme kota tersebut.

Dan mereka memberikan tantangan dengan quote dari kisah Detektif Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle kepadanya. Mengatakan “Tak ada yang lebih Licik daripada Fakta yang Jelas, It is Elementary my dear Conan O’Brien, jika anda mau uangnya, datanglah ke Hokuei Conan Town

O’Brien sendiri merasa senang akan undangan/tantangan yang diberikan padanya itu. Tapi ia juga memberikan tantangan balik kepada Kota Hokuei dengan beberapa syarat lagi, sebelum ia datang ke Kota Hokuei.

Pertama, seperti stasiun kereta Hokuei yang dinamai Conan Station, ia juga ingin menggantikan nama tempat Coin Laundry di kota itu menjadi American Conan Fluff n Fold. Kedua, ia ingin memiliki Kunci Kota tersebut, dan juga kunci rumah kota tersebut dalam radius 20 Mile.

Dan terakhir, ia ingin patung Edogawa Conan di kota itu untuk dimodif, spesifiknya pada bagian rambutnya. Ia ingin rambut patung Detektif Conan tersebut diubah menjadi bentuk gaya rambut Cona O’Brien 😀 Dan jika mereka bisa melakukan itu semua, O’Brien akan datang ke Hokuei untuk mengambil uangnya. Keren-keren-kocak dah 😀 kita lihat apakah pihak Jepang akan memberi respon lanjutan.