Sebelumnya kita sudah membahas beberapa trik unik orang Jepang yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, pada kesempatan kali ini, Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian akan diberitahu sebagian trik-trik unik lainnya. Seperti yang dijelaskan di waktu lalu, tips yang diberikan orang Jepang memang sangat kreatif. Meski terbilang nyeleneh, nyatanya apa yang mereka anjurkan dalam mengatasi masalah cukup ampuh. Minasan patut mencontohnya di rumah! 😀

Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini!. Tidak perlu basa-basi lagi. Nanti jadi basi sungguhan, kan enggak enak. 🙂

Mencari Barang Kecil

Terkadang, ketika kita sedang melakukan sebuah kegiatan yang berhubungan dengan benda-benda kecil seperti membongkar ponsel atau menyusun gunpla (gundam plastik), pastinya ada saja bagian yang terjatuh. Tambah kesalnya, bagian yang terjatuh itu berukuran seupil, sehingga susah sekali untuk ditemukan. Apalagi, benda mini tersebut merupakan bagian yang penting dan sangat diperlukan. Ujung-ujungnya, kita harus mengamati setiap sudut lantai untuk menemukannya.

Cara yang kita lakukan, sih, terbilang sangat konvensional. Paling-paling hanya menyalakan senter untuk menerangi lantai agar barang yang kita cari mudah terlihat. Tapi bagamana dengan orang Jepang? Bagaimana cara mereka menemukan benda kecil yang hilang? Uniknya, mereka menggunakan penyedot debu dan melapisi kain pada lubang ujung peranti agar barang kecil yang tersedot jadi tertahan. Cara ini terbilang efektif karena tidak membuang-buang tenaga dan waktu. Apalagi, penyedot debu bisa menjangkau seluruh sudut ruangan.

Membersihkan Tinta

Ada berbagai cara yang bisa dipakai untuk membersihkan tinta. Mulai dari melumurinya dengan minyak tanah, bensin, solar, hingga thinner. Namun, ada cara unik orang Jepang yang dapat kita tiru, yakni dengan lipstik. Cukup mudah kok, hanya perlu oleskan lipstik ke tinta yang ingin dibersihkan, gosok dengan kain perlahan, maka noda tinta akan hilang. Zat emulsifier pada lipstik terbukti efektif mengangkat noda tinta. Orang Jepang biasa melakukan ini jika tinta printer mengotori jari tangan mereka.

Membuat Api Unggun

Jika Akiba-chan dan Akiba-kei berkemah, pastinya api unggun menjadi sesuatu yang wajib ada. Selain membuat tubuh hangat, api unggun juga bisa untuk memanggang makanan. Tanpa api unggun, acara kamping jadi terasa kurang afdol. Nah, untuk bikin apinya sendiri, Minasan yang tidak membawa cairan mudah terbakar (minyak tanah, bensin, dll) bisa menggunakan keripik. Caranya buka bungkusan snack, lalu bakar keripik di atas tumpukan kayu. Bahan dasar keripik terkenal mudah terbakar, sehingga bisa dipakai sebagai jalan terakhir membuat api unggun.

Membersihkan Goresan di Keping CD

Keping CD sangat mudah tergores. Jika terdapat banyak goresan, maka kemampuan keping CD akan menurun. Film atau lagu yang direkam pun jadi putus-putus ketika diputar. Namun, membersihkan goresan dengan pisang merupakan trik unik orang Jepang yang andal. Cukup oleskan potongan daging pisang di bagian yang tergores secara berulang, maka goresan akan memudar.

Melepas Kertas Harga

trik unik orang jepang

Memang menyebalkan melepas kertas harga di suatu barang. Sering kali ada bagian dari kertas yang tertinggal saat dicabut. Tapi jika barang yang dibeli adalah barang pecah belah, maka Minasan bisa mencontoh trik unik orang Jepang. Caranya adalah taruh barang ke oven, lalu panaskan 30 hingga 60 detik. Maka saat dilepas, semua bagian kertas harga akan tercabut semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here