Tricot (トリコ), band Indie Jepang bergenre “Math Rock”?

Kalo ngomong Soal musik Jepang emang gak ada matinya. Ini nih band yang sebenarnya masih dihitung usianya masih muda, tapi sudah cukup greget. Tricot (トリコ) yang sebenarnya terdiri dari Ikkyu Nakajima (vocals / guitar), Motoko “Motifour” Kida (guitar / backing vocals), dan Hiromi “hirohiro” Sagane (bass / backing vocals) hingga pada akhirnya drummer yang menjadi satu-satunya pria yaitu Kazutaka Komaki bergabung pada 2011, adalah sebuah band Indie asal jepang yang mengusung aliran yang sedikit Unik.

Sebenarnya basis musik mereka adalah musik Rock tetapi mereka mengembangkan musik mereka hingga menjadi musik yang bisa dibilang unik tadi. Mulai dari vokal yang terdengar rapuh tapi sangat mengena di telinga. Dan yang lebih unik lagi adalah irama rumit yang sangat sulit ditebak, irama-irama seperti ini biasanya ditemui dalam genre yang disebut “math rock”. Math rock? mungkin ada yang baru kenal? genre ini bukan genre yang membuat para pendengarnya jadi menghafal rumus-rumus matematika, atau itung-itungan lho~

Jadi, Math Rock sendiri adalah genre yang menekankan irama yang aneh. dalam musik ada yang disebut dengan Time Signatureatau mungkin kita lebih kenal dengan sebutan Birama. Lha, Birama yang umum digunakan adalah birama 4/4 dan 3/4, sedangkan Math Rock ini malah lebih jarang pake Birama tersebut. Math Rock bertujuan untuk mengeksplor dengan Birama-Birama yang berbeda, bahkan dalam satu lagu pun birama nya bisa berubah-ubah. Tapi tetap saja dengan hitungan yang pas maka musik masih bisa dengan enjoy dinikmati. Yah, seperti itulah gambaran musik dari band Tricot ini.

Tricot  sendiri berdiri sejak tahun 2010 di kota kyoto. Dengan genre unik yang diusung, Tricot bahkan mendirikan label mereka sendiri yang diberi nama BAKURETSU RECORD. Dengan label indie ini dalam beberapa tahun mereka sudah merilis cukup banyak single dan beberapa mini album. Hingga akhirnya pada tahun 2013 mereka merilis album yang diberi judul “T H E”. Selain itu mereka juga telah mengikuti festival-festival musik besar yang ada di Jepang seperti RABAKI ROCK FEST, FUJI ROCK FESTIVAL, ROCK IN JAPAN, RISING SUN ROCK FESTIVAL, MONSTER baSH, SWEET LOVE SHOWER dan yang lainnya. Sebagai band Indie tentu saja itu adalah prestasi yang cukup greget seperti tadi yang saya bilang.

Oke akhirnya kita punya matematika yang bisa dinikmati,, 😀

Tricot
Tricot
In Action!!
In Action!!

1292960_606310162725716_1618196102_o_zpsf1e7fc34

 

Source : Tricot Official