Terkadang para netizen di dunia maya bisa ramai-ramai berkreasi karena mengikuti adanya trend yang sedang viral. Contohnya seperti trend karakter Bowsette atau Pokemon Hatterene. Baru-baru ini hal macam itu terjadi lagi, dengan para netizen baik di Jepang dan juga luar beramai-ramai akan trend SailormoonRedraw, dan membuat lahirnya kreasi fanart yang unik, sampai kakkoiii, dannn ada juga sedikit yang NSFW.

Tentu sudah ada yang kenal atau setidaknya tahu seri animanga klasik Sailor Moon, yang saat ini sedang membantu mereka yang terkurung dalam rumah di Jepang karena COVID-19 dengan menayangkan ratusan episode anime lamanya untuk gratis ditonton di Youtube. Entah karena itu atau bukan, beberapa hari ini muncul trend seri tersebut yang bernama Sailor Moon Redraw.

Sesuai dengan nama tersebut yang berarti Menggambar Ulang Sailor Moon, trend itu adalah menggambar sang karakter berdasarkan salah satu scene anime Sailor Moon dengan gaya mereka tersendiri. Tak diketahui asal muasalnya, tapi diperkirakan kalau trend itu berawal dari luar Jepang, yang sekarang telah meluber ke kampung halaman Sailor Moon.

Dan hasilnya, adalah ratusan artist dan ilustrator dari seluruh dunia membanjiri gambar Sailor Moon di berbagai media sosial, yang utamanya terjadi di Twitter. Menghasilkan gambar-gambar dari yang keren, indah, parody koplak, dan ada juga yang ecchi.

Yang menarik adalah perkembangan trend ini di Jepang, yang terlihat dari Twitter yang merupakan media sosial yang paling umum dipakai disana. Disana trend ini tak hanya diikuti oleh fanartist, tapi juga beberapa nama besar dalam industri animanga.

Seperti Ashiya Kouhei sang animation director anime JoJo yang membuat SailorMoon jadi JoJo reference 😀 atau character designer anime Yuri On Ice Kubo Mitsuro. Beberapa mangaka seperti Okawa Bkub sang creator dari webkomik tahik Pop Team Epic dan Yamamoto Soichiro mangaka dari Takagi-san. Bahkan hentai artist Mizuryuu Kei juga ikutan, dan ya karyanya itu NSFW 😀

Bahkan trend ini juga sampai diikuti di Tanah Air Indonesia, seperti komikus Ghosty dan artist Maggot666. Semua ini menunjukkan kalau Sailormoon memang merupakan seri yang mendunia. Apakah mina-san juga mau ikutan meramaikan? 😉

trying stuffs #sailormoonredraw

Posted by Norman Pratama on Sunday, May 17, 2020

Alarm Jaret skip dulu pagi ini. Sebagai gantinya, Sailor Emoon

Posted by GHOSTY's COMIC on Monday, May 18, 2020