Siswi-siswi Jepang memang terkenal dengan gaya fesyen mereka yang manis plus menarik, dan mereka tidak akan berhenti mempertahankan titel itu. Tapi bagaimana cara tetap tampil manis dan kawaii saat  berolahraga ? Saat kalan berkeringat tapi tetap ingin tampil lucu dan menarik. Oke, mungkin jika kalian menyimak Yokota Hikaru berikut ini, kalian akan menemukan Solusi untuk tetap tampil menarik. Ini Dia — NEKOMIMI !

Nekomimi
Nekomimi ala Yokota Hikaru

Trend moe ini sepertinya tidak akan pernah bosenin meskipun berkali-kali kita lihat berkali kali. Nekomimi di jepang sudah ada sejak zaman dahulu. Setidaknya, trend ini pertama kali terdeteksi pada tahun 1924. Saat penulis terkemuka jaman Showa bernama Kenji Miyazawa merilis sebuah buku dengan judul 水仙月の四日 (The 4th of Narcissus Month). Dalam buku inilah muncul “Modern Day” Nekomimi. Yang bentuknya digambarkan sebagai sesosok cewek kawaii dengan sepasang telinga kucing.

Semakin hari. Trend ini akhirnya semakin dikenal masyarakat dan dijadikan salah satu simbol ke-moe-an. Nekomimi kini tak hanya dibuat dari lipatan origami. Ada juga yang dibuat dari jahitan kain fuwa-fuwa sehingga bentuknya mendekati bentuk asli kuping kucing. Selin itu juga sering ditambahkan aksesoris pelengkap lain seperti ringing bell, ekor yang bisa bergerak-gerak atau bahkan sepasang paws.

Trend ini pun turut muncul pada deretan manga dan anime. Ada beberapa diantaranya memang disengaja khusus untuk menampilkan karakter penuh nekomimi. Hal itulah yang mempengaruhi lahirnya banyak cosplay dengan tema kuping kucing. Salah satunya yang paling sering kita jumpai adalah nekomimi pada maid cafe. Yang membuat para meido kelihatan sangat unyu dan menggemaskan.

Diluar kehidupan cosplay, trend ini juga dapat kalian temukan pada aksesoris yang bisa digunakan dalam sehari-hari. Seperti misalnya, bando, topi, key chain, bahkan sampai produk-produk audio seperti headset dan earphone. Hmm… mimin lihat sih, beberapa waktu kemarin masih jaman pre-order headset nekomimi dengan desain menyala-nyala di kegelapan. Selain bisa menambah keimutan headset ini konon katanya juga punya spek yang lebih garang. 😀

Nekomimi
kayak gini nih bentuknya….

Ternyata sampai saat inipun masih ada dan makin banyak ya yang menggemari nekomimi. Nggak heran deh trend ini bisa survive, bahkan mungkin beberapa tahun kedepan bakalan makin berkembang. Bakal ada benda moe apa lagi ya kira-kira? 😀 Akiba-chan dan akiba-kei juga apakah suka dengan gaya kekucing-kucingan ini? 😀

Comments

Loading...