Salah satu pesona dari game MMORPG adalah player dapat “berubah” atau Role Play menjadi sesuatu yang bukan mereka dalam dunia nyata. Itu tak hanya dalam hal fantasy seperti melawan naga, tapi juga bisa gender. Baik fiksi atau nyata, dengan alasan apapun dibaliknya, pasti ada player yang memainkan karakter yang gendernya berlawanan. Contohnya dalam VRChat, dimana disitu ditemukan banyaknya trap… ossan.

Sesuai dengan kata VR dalam namanya, VRChat bisa dikategorikan sebagai VR MMORPG. Dimana di dalamnya, player atau user dapat menciptakan 3D Avatar, dan memakai alat VR, bisa berinteraksi dengan orang lain, dan juga menciptakan dunia mereka sendiri.

Game tersebut didesain oleh Graham Gaylor dan Jesse Joudrey, dan merupakan game Free to Play. Walau belum ada peluncuran resmi, tapi game itu sudah dapat ditemukan di Steam dari bulan Februari 2017 lalu.

Tapi balik pada topik utama artikel. Sesuai dengan judul, ditemukan kalau ada banyak yang memainkan VRChat ini yang ternyata hode alias trap. Dikabarkan kalau ada banyak sekali pria ossan atau om-om yang bermain dengan avatar cewek moe~moe~

Tapi ternyata ada alasan yang agak masuk akal akan hal ini. Tanji Yoshinobu dari Asahi Shinbun, dengan bantuan media artist Tsubokura Teruaki, menjelajahi hal tersebut. Ia melakukannya dengan memasuki VRChat dan bertanya pada para player ossan yang menjadi gadis moe.

Saat Tanji bertanya kenapa mereka melakukannya, para player trap tersebut mengatakan kalau dengan tampil dalam bentuk cewek moe, mereka akan lebih mudah untuk didekati, dan overall membuat VR experience dalam game jadi lebih menyenangkan.

Memang sih kadang lebih nyaman mendekati karakter yang tampilannya lebih muda atau imut. Agak wajar jika mengingat fenomena Vtuber yang meleduk baru-baru ini, dan juga kabar akan terlepasnya kedok salah satu Vtuber yang ternyata seorang pria. Yang kemungkinan ada hubungannya.

Menurut website SteamSpy, dicatat kalau bulan Desember 2017 lalu jumlah user Steam yang memainkannya mencapai 165.000an. Tapi pada bulan Maret, ditemukan kenaikan yang begitu besar, karena saat itu jumlah user VRChat telah mencapai 3.6 juta!

Waktu yang juga sama dengan saat booming dan kenaikan jumlah Vtuber, dan terlihat juga kalau ada yang memakai VRChat untuk melakukan aktivitas Virtual youtubing, seperti VTuber Mirai Akari. Walau tak jelas juga apakah Vtuber menyebabkan banyaknya VRChat atau justru kebalikannya. Yang jelas, tampaknya akan semakin banyak “jebakan” dalam dunia digital di Jepang.

Comments