Siapa yang tidak tahu Touhou? mungkin ada beberapa yang tidak tahu namanya, tapi jika mereka sering berinternet melakukan web-surfing, ada kemungkinan besar mereka pernah melihat apa itu Touhou, karena begitu tersebarnya Touhou di internet. Untuk penjelasan sederhananya, Touhou adalah seri game side-scrolling untuk PC ber-genre Bullet Hell, atau dalam nama Jepangnya, Danmaku. Game ini terkenal akan beberapa hal, mulai tingkat kesulitannya, hingga background music-nya.

toho1

Tapi yang paling unik dari game ini adalah betapa menggebu-gebu semangat fans Touhou untuk membuat karya Touhou mereka sendiri dan membagikannya untuk dilihat orang lain. Mulai dari yang standar macam fanart dan cosplay, hingga yang lebih tinggi lagi levelnya, seperti membuat game Touhou sendiri dengan genre yang beragam. Salah satu dari fans tersebut adalah MinusT, yang telah me-release trailer untuk karya animasi Touhou buatannya yang terbaru

Sejak tiga tahun yang lalu, MinusT telah membuat berbagai Fanimation, kependekan dari Fanmade Animation, akan seri game Touhou ini. MinusT menganimasikan video karyanya dengan memakai software Blender, dengan tingkat detail yang mengagumkan. Ia mengadaptasikan Touhou yang terlihat 2D side-scrolling yang hanya dilihat vertikal, menjadi animasi 3D dengan cinematography yang memukau dan indah untuk ditonton.

toho2

Seri fanimation Touhou 3D yang dibuat oleh MinusT ini diawali dengan adaptasi animasi dari game ke-enam dari seri Touhou, yaitu Embodiment of Scarlet Devil. MinusT membuat dua video animasi adaptasi, yang pertama adalah pertempuran antara sang protagonis utama Touhou, Hakurei Reimu, melawan boss terakhir game tersebut, Remilia Scarlet. Kemudian dilanjutkan dengan pertempuran antara protagonis kedua Touhou, Kirisame Marisa, melawan boss akan bonus level-nya, Flandre Scarlet.

Setelah itu, MinusT terus melanjutkan animasinya dengan mengadaptasi game ke-tujuh dari seri Touhou, yaitu Perfect Cherry Blossom. Dalam adaptasi kali ini, lebih banyak karakter Touhou dimasukan dalam animasinya, menghasilkan video yang berdurasi lebih panjang dari adaptasi sebelumnya. Dimulai dengan pertempuran antara Hakurei Reimu melawan boss level lima dan level terakhir, Konpaku Youmu dan Saigyouji Yuyuko. dan diakhiri dengan pertempuran 3 lawan 3, antara Reimu dan Marisa dengan bantuan protagonis ketiga, Izayoi Sakuya, melawan tiga boss bonus level Perfect Cherry Blossom, yaitu Chen, Ran, dan Yakumo Yukari.

toho3

Di tahun 2016 ini, MinusT melanjutkan adaptasi Touhou 3D buatannya dengan gaya yang berbeda dari sebelumnya. Kali ini MinusT tidak mengikuti nomor urut dengan mengadaptasi game ke-delapan, melainkan game ke-sebelas Touhou, yaitu Subterranean Animism. Selain itu, animasinya juga memiliki tampilan yang berbeda dengan animasinya yang sebelumnya. Kali ini para karakter memiliki animasi rambut yang lebih detail dan mulus dibandingkan sebelumnya, dan juga dengan special effect yang lebih WAH dan beragam lagi.

Untuk konten trailer animasinya, MinusT kali ini terlihat tidak memulai adaptasinya ini dengan Hakurei Reimu, melainkan dengan Kirisame Marisa, melawan boss terakhir, Reiuji Utsuho. Desain karakter Kirisame Marisa pun juga berbeda dibandingkan dalam animasinya yang sebelumnya. Kali ini ia memakai sapu berbentuk roket.. atau mungkin roket berbentuk sapu.. dan overall desainnya lebih bertema sci-fi. Banyak sekali perubahan yang dilakukannya dalam animasinya kali ini, dan juga tidak diberitahukan secara detail kapan animasi Subterranean Animism ini akan keluar.

toho4

Trailer tersebut, dan semua video animasi buatannya, dapat ditonton dalam channel Youtube miliknya, beserta beberapa video tutorial Blender dan fanart buatannya.