Selain wabah virus corona, dunia animanga banyak memberikan kabar besar yang pahit manis belakangan ini, seperti dengan tamatnya manga original seri super populer masa kini Kimetsu no Yaiba. Dan mirip dengan itu, kisah animanga Shingeki no Kyojin juga dikabarkan mendekati akhir dalam tahun 2020 ini. Dan bicara soal itu, baru-baru ini telah dirilis anime trailer Shingeki Final Season yang apik, dan pengumuman staff baru.

Seri Shingeki no Kyojin berawal dalam bentuk manga buatan Isayama Hajime yang dimulai 9 September 2009 lalu. Manga tersebut kemudian mendapatkan adaptasi anime oleh studio Wit yang ditayangkan April 2013, dan mengguncang dunia anime dan mencapai popularitas mainstream.

Anime Shingeki no Kyojin pertama tayang sebanyak 2 cour. Dan dilanjutkan dengan season 2 yang tayang April 2017 sebanyak 1 cour alias 12 episode. Season ketiga yang terbaru ditayangkan sebanyak 2 cour, tapi dengan penayangan terpisah. Bagian cour pertama ditayangkan pada April 2018, dan bagian cour keduanya ditayangkan April 2019.

Dan setelah episode akhir season 3-nya, dirilis teaser trailer untuk Shingeki no Kyojin Final Season. Dan kini setelah hampir setahun, diberikan pengumuman baru dari season terakhir itu, dan ada perubahan menarik dimana kali ini animasinya bukan dilakukan studio Wit tapi studio MAPPA. Dan ada juga beberapa staff baru, tapi ada juga beberapa staff lama yang kembali.

Contoh yang baru adalah Hayashi Yuichiro yang menggantikan Araki Tetsuro sebagai sutradara. Untuk nama lama, ada Seko Hiroshi yang kembali untuk mengawasi penulisan naskahnya, dan juga Sawano Hiroyuki yang kembali mengkomposisi musiknya, bersama Yamamoto Kohta. Untuk para seiyuu karakternya tak ada perubahan.

Tapi meski studionya beda, full trailer barunya menunjukkan animasinya tetap super apik~ dan saking hebohnya sampai dalam 2 hari trailer itu mencapai lebih dari 5.6 juta view!! Dan juga sempat trending di Youtube Indonesia loh 😉

Finale anime Shingeki no Kyojin tersebut tahun 2019 lalu dijadwalkan untuk tayang pada musim Fall 2020, akan tetapi mungkin karena wabah virus corona yang membuat potensi adanya delay, dalam trailer baru itu tak dikonfirmasi lagi apakah anime itu akan tayang sesuai jadwal. Semoga saja sih tak ada delay ya, semoga~ saja~