Pandemik virus corona yang mulai di Jepang dari musim semi tahun ini membuat banyak anime jadi diundur perilisannya, baik itu yang tayang di TV maupun dirilis di bioskop. Akan tetapi untungnya seiring dengan semakin beradaptasinya masyarakat dan bisnis di Jepang, perlahan berbagai anime tersebut mulai dirilis. Dan bicara soal itu, baru-baru ini akhirnya diberikan jadwal tayang baru dari film Shin Evangelion, yang jatuh diawal tahun 2021!

Shin Evangelion yang judulnya juga bisa disebut Evangelion 3.0+1.0 adalah film keempat dari projek Rebuild of Evangelion, yang merupakan reboot seri anime Evangelion buatan Studio Gainax yang pertama tayang tahun 1995-1996. Projek film Rebuild ini disutradai oleh creator Evangelion, Anno Hideaki, melalui studio Khara miliknya.

Dengan projek Rebuild of Evangelion yang berbentuk Tetralogi alias seri empat film, Shin Evangelion akan menjadi film terakhir dan penutup dari Rebuild, yang telah dimulai sejak tahun 2007 dengan Evangelion 1.0 You Are [NOT] Alone, lalu Evangelion 2.0 You Can [NOT] Advance, dan yang terbaru sebelum ini yaitu Evangelion 3.0 You Can [NOT] Redo.

Film Shin Evangelion tersebut awalnya dijadwalkan untuk dirilis pada bulan Juni 2020, akan tetapi dikarenakan pandemik virus corona, Anno Hideaki memohon maaf memberikan pengumuman kalau perilisan tersebut terpaksa dibatalkan.

Untungnya hype akan film tersebut tetap hidup, apalagi dengan Khara merilis 3 film Evangelion sebelumnya secara gratis dan terbatas di Youtube bersamaan dengan pengumuman pengunduran itu, dan juga dengan kabar atraksi live-size EVA di Kyoto beberapa minggu lalu.

Tapi akhirnya setelah menunggu, jadwal tayang baru dari film Shin Evangelion diberikan! Yang diumumkan dalam trailer baru anime Shin Evangelion, yang tentu terlihat dengan aksi mecha apik, dan pastinya misterius dan memutar otak juga. Dan dikatakan kalau film tersebut akan dirilis di Jepang pada tanggal… 23 Januari 2021!

Dan tak hanya itu, karena untuk semakin mempersiapkan para fans, diawal bulan Desember 2020 nanti ketiga film Evangelion sebelumnya akan dirilis ulang di Jepang, dalam bentuk MX4D dan 4DX, dan akan diputar sampai sebelum hari Natal. Silahkan dicek trailer barunya disini!