Sudah banyak yang tahu kalau seri game Touhou memang memiliki fans yang sangat berhasrat dan bersemangat dalam menyalurkan kreativitas mereka. Mulai dari fanart, fanfic, cosplay, remix OST, sampai ada yang membuat game sendiri dengan memakai karakter-karakter Touhou. Bahkan, ada juga yang membuat anime sendiri. Dan ini tidak terbatas bukan hanya di negara Jepang.

Kyoto Gensou Gekidan atau Kyoto Fantasy Troupe, adalah grup doujin Touhou yang berasal dari China yang dibentuk pada tahun 2014, dan belum lama ini mereka telah membuat seri anime Touhou yang berjudul Hifuu Club Activity Record: Sealed Esoteric History. Sampai saat ini mereka baru membuat satu episode anime, sebuah prolog berjudul Tsuki, atau Bulan, yang menceritakan saat terjadinya perang antara para Youkai dari Gensokyo yang menginvasi bulan dan melawan para Lunarian, pendudukĀ bulan.

Anime tersebut hanya memiliki animasi dengan text subtitle dan musik, tapi tidak memiliki audio suara. Akan tetapi, beberapa hari yang lalu (ironisnya pada hari April Mop) Fantasy Troupe memberikan pengumuman dalam website mereka, bahwa anime Touhou tersebut akan disuarakan, dan nama-nama yang dipakai untuk menyuarakan para karakter dalam anime tersebut lumayan mengejutkan, karena banyak sekali seiyuu-seiyuu besar yang terlibat di dalamnya, yang diperlihatkan melalui trailer barunya.

Berikut nama-nama seiyuu yang terlibat dan karakter yang mereka suarakan;

Hanazawa Kana sebagai Maribel Hearn
Kitamura Eri sebagai Usami Renko
Noto Mamiko sebagai Houraisan Kaguya
Shimamoto Sumi sebagai Yagokoro Eirin
Kawasumi Ayako sebagai Watatsuki no Yorihime
Tomatsu Haruka sebagai Watatsuki no Toyohime
Shibata Hidekatsu sebagai Tsukuyomi
Inoue Kazuhiko sebagai Pangeran Tsuku
Koyama Rikiya sebagai Pangeran Sasarae
Shimizu Ai sebagai Ibuki Suika
Kayano Ai sebagai Saigyouji Yuyuko
Inoue Kikuko sebagai Yakumo Yukari
Asumi Kana sebagai Kirisame Marisa
Imai Asami sebagai Hakurei Reimu

WOW
Nama-nama yang banyak dilihat dalam banyak anime. Sedikit trivia, Kayano Ai sebelumnya juga telah mengisi suara Saigyouji Yuyuko dalam anime buatan fans yang lain, yaitu dalam anime Touhou: Summer Day’s Dream, dan Inoue Kikuko juga menjadi narator dalam anime Touhou tersebut.

Jika memang betul, Kyoto Fantasy Troupe patut diacungi jempol, karena bukan hanya mereka berhasil membuat sebuah anime yang berdurasi sama dengan anime pada umumnya, tapi juga berhasil menggaet para seiyuu terkenal untuk mengisi suara di dalamnya. Bukan hal yang mudah, apalagi juga karena mereka berada di China.

Harap saja ini bukan April Mop šŸ˜€