Toshi no Ichi – Pekan Raya Akhir Tahun di Asakusa

Haloo Akiba-chan dan Akiba-kei, kalo mau berlibur ke Jepang pengennya pergi pas musim apa nih?? pengen musim semi ada Hanami, di musim panas ada festival kembang api dan lain-lainnya. “Tapi pengennya liburan musim dingin aja, soalnya gak kuat merasakan panas ketika musim panas disana.” Hmm.. nggak usah cemas ga bisa ikut event-event menarik Jepang yang diadakan di musim lainnya. Di musim dingin juga ada event menarik yang gak kalah seru buat dikunjungi nih Akiba-chan dan Akiba-kei. Yup di musim dingin nanti kalian bisa menikmati  “Toshi no Ichi” pekan raya akhir tahun di Asakusa, Tokyo.

asakusa hagoita-ichi
asakusa hagoita-ichi

Nama eventnya adalah “Asakusa Toshi  no Ichi” (浅草歳の市adalah acara yang diadakan tepatnya di Kuil Sensoji bertanggalkan dari 17 – 19 Desember. Pekan raya ini diadakan pertama kali pada tahun 1659 dan menjadi sangat terkenal sejak jaman Edo. Event ini juga dikenal sebagai sebuah pekan raya Hagoita Ichi – Pekan raya Hagoita karena memang semua stan penjual, menjual dekorasi tahun baru dan perlengkapan Hanetsuki (Badminton tradisonal Jepang), dan yang paling utama produk yang dijual adalah hagoita itu sendiri. Apa sih Hagoita itu??

hagoita
hagoita
kuil sensoji, asakusa
kuil sensoji, asakusa
Hagoita-ichi
Hagoita-ichi
Ramainya Asakusa Hagoita-ichi
Ramainya Asakusa Hagoita-ichi

 

Hagoita adalah sebutan raket tradisonal Jepang yang terbuat dari kayu dan digunakan untuk bermain Hanetsuki dalam tradisi Jepang di awal tahun baru. Pada umumnya, Hagoita didekorasi dengan gambar-gambar karakter dari pemain drama Kabuki, namun seiring perkembangan jaman banyak juga yang mendekorasikannya dengan tokoh tokoh lain seperti Harry Potter, pemain sepak bola bahkan anime. Wahh.. kerennnn ya.. (^o^)

hanetsuki
hanetsuki

Permainan Hanetsuki menggunakan raket Hagoita dan bola bulu yang bernama Hane. Permainannya cukup mudah, hanya saja tanpa menggunakan net dan dimainkan pada awal tahun baru. Nahh bagi yang kalah nih, mukanya dicoretin tinta hitam oleh si pemenangnya.. Jadi pengen main juga nih.. ><

hanetsuki no batsu
hanetsuki no batsu

Pada tanggal 1 Januari,orang-orang menghadiahkan Hagoita kepada orang tuanya karena dipercaya bisa menjauhkan dari aura jahat. Di pekan raya tersebut kalian bisa mendapatkan Hagoita yang unik, berbagai ukuran dan gambar sesuai selera kalian.

Fungsi Hagoita sekarang sering kali digunakan untuk dekorasi tahun baru. Tapi ketika jaman dahulu, juga ada yang percaya bahwa Hagoita dipakai dalam upacara oleh onmyoji di Jepang.

hane
hane
kirei na hagoita
kirei na hagoita
ada yang bergambar AKB48 juga
ada yang bergambar AKB48 juga

selamat mengunjungi pekan raya akhir tahun di asakusa Hagoita – ichi !