Negara Jepang terkenal suka berkreasi membuat gadget yang kadang antara berguna atau keren. Dari masker gaming sampai Artificial Intelligence waifu box. Dan kali ini ada contoh baru lagi akan hal macam itu, dengan ditemukannya sebuah gadget berupa topeng bernama E2-Mask Z, yang menutup wajah pemakainya, tapi tetap bisa memperlihatkan ekspresi, melalui teknologi AI dan layar yang menampilkan wajah anime.

Yup, topeng tersebut dikembangkan oleh Hirata Takegawa Lab, yang menyebutnya sebagai Digital Kamen atau topeng digital, yang berbentuk seperti sarung yang menutup seluruh kepala. Pada bagian depannya dipasangkan layar, yang walau terlihat tertutup tapi sebenarnya terbuat dari kain yang lumayan tembus, jadi mata sang pemakai dari dalam tetap dapat melihat keluar.

Layar tersebut dapat menyala dan memperlihatkan avatar berbentuk ala karakter anime, dan wajah anime tersebut dapat mengikuti ekspresi pemakainya dari dalam topeng berkat sistem facial recognition yang terpasang pada layar tipis pada topeng itu.

Dijelaskan juga kalau sistem tersebut diimplementasikan dengan sensor array reflektif foto yang dapat mengenal ekspresi wajah dari empat puluh titik yang lokasinya didistribusikan secara merata pada seluruh bagian wajah.

Dikatakan kalau developer topeng itu telah menyelidiki 10 kelas model identifikasi ekspresi wajah berdasarkan pelatihan algoritme SVM. Dan dari situ dikatakan kalau sistem tersebut memiliki akurasi sampai 79 persen dalam mentranslasikan ekspresi wajah kepada avatar anime di layar.

Sistem canggih yang sudah terlihat juga dalam dunia anime fiksi, seperti yang dipakai karakter Tennoji Rina dari seri Love Live. Tapi tujuan penggunaan topeng tersebut bisa untuk berbagai hal lain lagi. Contohnya adalah untuk dipakai dokter gigi, dimana mereka bisa memakai wajah imut untuk meredakan rasa takut pasien yang anak-anak.

Selain itu Hirata Takigawa Lab juga memberi contoh lain dimana topeng tersebut bisa juga dipakai untuk wawancara pekerjaan dan kasir, atau jadi alat kece saat melakukan acara pesta topeng, dan bahkan bisa juga jadi topeng pada situasi macam stage play di teater.