Halo Akiba-chan dan Akiba-kei. Kita sebelumnya sudah melihat artikel yang berisikan list dari Top 20 Anisong tahun 2000an favorit para orang Jepang. Tapi artikel itu baru part 1. Naaah, sekarang ini adalah part 2-nya, bagian yang terakhir. Part ini adalah untuk lagu anisong yang dinyanyikan oleh pria, baik itu solo maupun unit band. Inilah Top 20 Anisong Tahun 2000an Favorit Orang Jepang #Part 2

Sama seperti part 1, list ini dibuat oleh website Charapedia. Dan sama dengan part 1, list ini dibuat melalui voting, yang pemilihnya campur dari pria dan wanita. Walaupun rasio perbandingannya sedikit terbalik dengan part 1, dengan jumlah yang sedikit dominan pada wanita. Dengan rasio 51.3% wanita dan 48.7% pria.

Sedikit unik disini dibandingkan dengan part 1, karena juga ada banyak lagu yang berasal dari band yang sama, dan juga lebih minim seiyuu. Walaupun ada band Granrodeo dengan seiyuu Taniyama Kisshou sebagai vokalis, ia tak berperan dalam anime dari lagunya. T.M. Revolution sih lebih ke guest star seiyuu. Tapi kita sudahi dulu basa-basi, dan mari kita lihat isi list-nya ini 😉

20 – Ano Hi Time Machine, oleh LONG SHOT PARTY
lagu opening untuk Natsume Yuujinchou season 2, Zoku.

19 – Days, oleh FLOW
lau opening pertama untuk Eureka Seven. FLOW dan T.M.Revolution juga patut diacungi jempol karena memegang jumlah lagu paling banyak masuk dalam list ini.

18 – FIRE!!, oleh Wada Kouji
Lagu opening untuk Digimon Frontier. Mungkin banyak yang lebih kenal Butterfly, tapi lagu FIRE ini juga keren dan penuh semangat yang dipancarkan almarhum Wada Kouji 🙂

17 – Go For It!, oleh GRANRODEO
Lagu opening untuk anime IGPX Immortal Grand Prix.

16 – Dive in the Sky, oleh Sakai Mikio
Lagu opening untuk Planetes.

15 – Vestige, oleh T.M.Revolution
Lagu opening untuk OVA Gundam SEED Destiny, Final Plus: Chosen Future, dan opening ke-4 untuk Gundam SEED Destiny versi Remastered.

14 – Gekkouka, oleh Jeanne D’arc
Lagu opening pertama untuk seri TV anime Black Jack.

13 – KokoroE, oleh Road of Major
Lagu opening untuk season pertama anime MAJOR.

12 – Rewrite, oleh ASIAN KUNGFU GENERATION
lagu opening ke-4 dan terakhir untuk adaptasi anime pertama Full Metal Alchemist.

11 – Donten, oleh DOES
Lagu opening ke-5 anime Gintama pertama, dan bisa dibilang lagu tema arc Benizakura-hen. Sepertinya ketenaran lagu ini kembali dengan kemunculan antagonis Benizakura-hen dalam live-action Gintama.

10 – O2, oleh Orange Range
Nah kita sudah setengah jalan dan memasuki babak top 10. Kita buka dengan lagu opening season 2 anime Code Geass, R2.

9 – Ignited, oleh T.M.Revolution
Lagu opening paling pertama Gundam SEED Destiny. Dan lagu kedua dari T.M.Revolution yang masuk list ini. Masih ada satu lagi lagunya yang masuk list ini loh 😉

8 – Karma, oleh Bump of Chicken
Lagu opening game dan juga adaptasi anime Tales of the Abyss.

7 – Makka na Chikai, oleh Fukuyama Yoshiki
Lagu opening anime Busou Renkin. Lagu yang panas membara dari Pak Fukuyama, umur tua tak menghalangi kekuatan vokalnya. Sasuga salah satu vokalis dari JAM PROJECT.

6 – GO!!!, oleh FLOW
Lagu opening ke-4 dari Naruto. Lagu kedua dari FLOW. Sama dengan T.M.Revolution, masih ada satu lagi lagunya yang masuk list ini.

5 – Reckless fire, oleh Ide Yasuaki
Lagu opening untuk anime s.CRY.ed.

4 – INVOKE, oleh T.M. Revolution
Daaan inilah lagu terakhir bung T.M.R dalam list ini, yang juga merupakan lagu opening pertama dari Gundam SEED.

3 – Kasabuta, oleh Chiwata Hidenori
Lagu opening pertama anime Konjiki no Gash Bell.

2 – COLORS, oleh FLOW
Lagu opening untuk Code Geass pertama, dan lagu terakhir FLOW di list ini. Mari kita nyanyikan, JIBUN WOOOOOOOOOOO 😀

1 – Melissa, oleh Porno Graffiti
Lagu opening terakhirnya menempati posisi 12, tapi lagu paling pertama adaptasi pertama Fullmetal Alchemist ini yang berhasil meraih posisi nomor 1 list ini.

Dan inilah list-nya! Sama dengan part 1, semoga part 2 ini bisa membantu mina-san yang kebingungan memilih lagu saat karaoke nanti hehehe. Apakah dari list ini ada lagu favorit mina-san yang masuk?