Media Light Novel telah menjadi medium yang laris dikalangan para otaku, yang saat ini telahย menyaingi popularitas manga dan anime. Beberapa waktu lalu, kita melihat list light novel yang mendapat penghargaan Sugoi 2017. Sesuatu yang membanggakan jika ada seri favorit mina-san yang masuk disitu. Selain itu, baru-baru ini ada list seru lagi mengenai light novel. Yaitu list Top 10 seri Light Novel Terlaris di Jepang diawal tahun 2017. Seri apa sajakah itu? Yuk kita lihat ๐Ÿ˜‰

List ini diterbitkan website Oricon. List ini mencakup perkiraan angka penjualan seri light novel dari bulan November tahun 2016 sampai bulan Mei 2017. Karena itu angka ini dikatakan list terlaris diawal tahun 2017.

9 โ€“ Tensei Shitara Slime Datta ken

Ditulis oleh Fuse dan diilustrasikan oleh Mitz Vah.
Angka penjualan: 231.214

Loh Rank 10 mana? Tenang, yang nomor 10 dari light novel terlaris ini agak unik, tapi akan dijelaskan dalam bagian Top 3 ๐Ÿ˜‰ sementara itu kita buka list dengan LN isekai yang unik ini. Genre Isekai sudah meleduk popularitasnya, jadi author LN juga perlu kreatif untuk menarik pembaca. Contohnya LN ini, dimana protagonisnya tereinkarnasi ke dunia fantasi, tapi malah jadi monster Slime! Yang agak unik lagi, ini satu-satunya LN dalam list ini yang belum dijadikan anime. Tapi mungkin sebentar lagi, karena angka penjualannya terlihat bagus.

8 โ€“ Eromanga Sensei

Ditulis oleh Fushimi Tsukasa dan diilustrasikan oleh Kanzaki Hiro.
Angka penjualan: 239.132

Berikutnya adalah salah satu LN yang baru mendapat adaptasi anime, yang tayang dimusim ini. Dan dengan karakternya yang moe, jadi salah satu anime yang patut dicek dimusim ini. Mungkin karena kisahnya sedikit mirip dengan salah satu anime LN terkenal beberapa tahun lalu, Ore no Imouto ga Konnani Kawaii wake ga Nai.

7 โ€“ Rokudenashi Majutsu Koushi & Akashic Record

Ditulis oleh Hitsuji Tarou dan diilustrasikan oleh Mishima Kurone.
Angka penjualan: 275.579

Mirip dengan Eromanga-sensei dan sekaligus berlawanan. Seri Rokudenashi Majutsu Koushi ini dianimasikan musim ini, dan juga lumayan populer. Tapi jika Eromanga sensei bersetting kehidupan sehari-hari, seri ini memiliki setting dunia fantasi penuh aksi. Unik juga dari segi ilustrator, karena ada seri lain di list ini yang diilustrasikan Mishima Kurone.

6 โ€“ Mahouka Koukou no Rettousei

Ditulis oleh Satou Tsutomu dan diilustrasikan oleh Ishida Kana.
Angka penjualan: 299.957

Kalau yang satu ini sih sepertinya sudah lumayan terkenal dan diingat ya diantara mina-san. Karena seri animenya telah ditayangkan beberapa waktu lalu. Danย movienyaย juga akan keluar loh, sudah ada beberapa teasernya malah ๐Ÿ˜‰ Mungkin karena itu juga angka penjualannya ini sekarang jadi tinggi ๐Ÿ˜€

5 โ€“ Youjou Senki

Ditulis oleh Carlo Zen dan diilustrasikan oleh Shinotsuki Shinobu.
Angka penjualan: 344.286

Seri yang ini mungkin masih lumayan segar dalam ingatan, karena adaptasi animenya ditayangkan Januari lalu. Memperlihatkan setting perang dengan cerita yang serius dan dewasa, berani menampilkan brutalnya perang, walau protagonisnya berwujud seorang gadis kecil, membuat seri ini jadi salah satu seri terpopuler saat ini.

4 โ€“ Kimi no Na wa

Ditulis oleh Shinkai Makoto.
Angka penjualan: 412.086

Oke, saat ini siapa sih yang tak tahu akan judul ini ๐Ÿ˜€ Kimi no Na wa karya Shinkai Makoto memang salah satu fenomena anime modern. Animenya mengalahkan beberapa anime Ghibli, bahkan sempat masuk nominasi Oscar! Settingnya jadi lokasi Anime Pilgrimage, bakal ada versi JAV, dan sekarang versi bukunya ini juga laris manis terjual.

3 โ€“ Re:Zero

Ditulis oleh Nagatsuki Tappei dan diilustrasikan oleh Otsuka Shinichirou
Angka Penjualan: 540.086

Dan kita memasuki bagian Top 3, yang dibuka dengan seri Re:Zero. Menampilkan twist seru dalam genre Isekai. Yang dibuka dengan momen komedi dan romance, yang kemudian diselingi drama dan GORE penuh darah yang mengejutkan. Dan tentu, sang karakter waifu idaman yang mengalahkan popularitas karakter protagonis dan main heroine, Rem, yang sangat terkenal sampai sudah dibuat VR dan patung life-size-nya. Dan saudarinya, Ram, juga akan dibuat patungnya. Sorry Emilia ๐Ÿ˜€

2 & 10 โ€“ Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo & Spinoff

Ditulis oleh Akatsuki Natsumi dan diilustrasikan oleh Mishima Kurone.
Angka penjualan: 578.811 & 168.725 untuk Spinoff

Bisa dibilang saingan Re:Zero. Jika Re:Zero melakukan twist genre Isekai kearah tragedi, KonoSuba nyeleneh kearah komedi. Dan ada yang unik akan KonoSuba disini. Karena LN utamanya memasuki ranking 2 light novel terlaris, dan LN spinoffnya masuk ranking 10! Yup, bisa dibilang 1 seri ini masuk dalam 2 posisi ranking. Selain itu, gamenya juga sedang dibuat, dan figure sexy bunny protagonis Meguminย & Aquaย juga telah dibuat. Tak disangka seri ini popularitasnya meleduk sebesar ini mengingat betapa anehnya para karakternya ๐Ÿ˜€ (ataukah justru karena itu)

light novel terlaris

1 โ€“ Sword Art Online

Ditulis oleh Kawahara Reki dan diilustrasikan oleh abec.
Angka penjualan: 707.300

Daaan memasuki posisi TOP markotop light novel terlaris adalah SAO! Memang seri ini memiliki perkembangan popularitas yang besar yang memberikan dampak yang besar pula dalam industri Light Novel modern. Seri yang bisa dibilang mempopulerkan genre Isekai yang saat ini sangat-sangat-sangat mendominasi industri Light Novel. Walau kualitas cerita dan karakternya masih suka diperdebatkan, tak bisa dipungkiri pada akhirnya SAO banyak diingat dan banyak dibicarakan oleh para fans anime dan game. Belum lagi movienya juga masuk ke Tanah Air, sampai versi uncensored juga ๐Ÿ˜€