Tomodachi Jadi Coupling Song Single ke 11 NMB48

NMB48 manajemen mengumumkan secara resmi melalui akun ameblo mereka bahwa akan ada satu lagu baru yang akan menjadi coupling song dalam single ke 11 NMB48. Lagu tersebut adalah lagu kelulusan (graduation song) Yamada Nana yang berjudul Tomodachi (artinya: Sahabat).

Salah satu stage capture penampilan Yamamoto Sayaka x Yamada Nana saat membawakan lagu tomodachi
Salah satu stage capture penampilan Yamamoto Sayaka x Yamada Nana saat membawakan lagu tomodachi
Yamada Nana tampak berkaca-kaca saat menyanyikan lagu Tomodachi
Yamada Nana tampak berkaca-kaca saat menyanyikan lagu Tomodachi

Lagu ini menceritakan sebuah persahabatan yang kekal antara dua orang manusia yang kemudian harus berpisah karena salah satunya harus pergi meninggalkan sahabatnya. Lagu yang sangat menyentuh ini pertama kali dibawakan ketika Request Hour 2015 pada bulan Januari lalu dan menempati posisi ke 2!

Yamamoto Sayaka x Yamada Nana saat membawakan Tomodachi di RH 2015
Yamamoto Sayaka x Yamada Nana saat membawakan Tomodachi di RH 2015

Baca juga: Lagu kelulusan Yamada Nana menduduki posisi ke-2 di Request Hour 2015!

Yamada Nana yang lulus pada bulan April tahun ini, merupakan sahabat terdekat dari Ace NMB48, Yamamoto Sayaka, yang juga merupakan pentolan dari NMB48. Mereka sama-sama memulai karir sebagai generasi awal NMB48, jatuh bangun, susah senang telah mereka lalui bersama. Dalam kesempatan lain, Yamamoto juga pernah di wawancarai oleh Ashi Shimbun. Dalam wawancara tersebut, ia di tanyai mengenai arti persahabatan, berikut isi artikel yang dikutip dari Asahi Shimbun:

asahi x NMB48

山本彩(さやか)さん(21)

亲友って何だろう。何でも话せる友达。一绪にいてすごく楽しくなる相手。会话が途切れない子――。きっと一人ひとりの中でいろんな定义がありますよね。

私の亲友は、そのどれにも当てはまらない人です。一绪にいて特别楽しいわけでもないし、会话を楽しむ感じでもない。むしろ、二人でいると黙っている时间の 方が多い。でも近くにいてくれると、ほっとする。强いて言えば、「黙っていてもお互いの気持ちがわかる」関系でしょうか。

どうやって仲良くなったのか、覚えていません。物理的に一绪にいる时间が长く、话す机会が多かったからかも知れません。アイドルのあり方、进むべき方向 性。そんな话をしているうちに、考え方も性格も似ていると気づきました。亲友って无理につくるものじゃなく、気づけば横にいるもの。そのぐらいの构えでい いような気がします。

亲友は山田菜々といいます。私と同时にNMB48に入ったメンバー。彼女は来年4月に卒业しますが、寂しくはありません。离れても心は同じ。そういう友达もいいかなって思います。

记者から
次回(17日)は幅広い趣味を持つ三田麻央さんが登场。テーマは「受験生は何もかも我慢しなきゃいけないの?」。テーマ投稿はメール(o-syakai3@asahi.com)でも受け付け中。(阪本辉昭)

Terjemahannya kurang lebih seperti ini:

“apa itu sahabat? Sahabat adalah seseorang yang dapat kamu ajak bicara segala sesuatu. Seseorang yang tetap bersamamu dan kamu akan menemukan kebahagiaan. Seseorang yang dapat kamu ajak curhat. Semua orang punya definisinya sendiri tentang sahabat.

Sahabatku tidak masuk dalam semua deskripsi di atas. Ketika kami bersama, saya tidak menemukan kebahagiaan. Kami terkadang diam seribu bahasa. Tapi ketika dia bersamaku, aku merasakan kenyamanan. Menurutku, hubungan kami itu dapat diartikan bagai “kami tau perasaan masing-masing meskipun tak ada yang bisa dikatakan”.

Bagaimana kami bisa sedekat itu? Aku sendiri lupa. Tapi aku tidak bisa mengatakan karena kami telah lama bersama, kami juga punya banyak waktu curhat.

Sahabatku adalah Yamada Nana. Dia dan aku telah bergabung di NMB48 pada saat yang sama. Meskipun, dia akan lulus bulan April 2015, aku tidak akan merasa kesepian. Karena hati dan perasaan kami telah menyatu. Saya sangat bahagia mempunyai teman seperti dia”.

 

sumber: NMB48 Official Ameblo, AKB48 Daily, Asahi Shimbun