Kimetsu no Yaiba memang sebuah fenomena dalam dunia animanga saat ini dengan kesuksesan yang begitu besar yang berhasil diraih oleh animanga tersebut. Dan beberapa figur terkenal dalam dunia anime dan film juga memberi komentar akan kesuksesan tersebut, seperti sutradara Shinkai Makoto yang filmnya juga dikalahkan oleh Kimetsu. Dan baru-baru ini ada komentar juga dari sang creator franchise Gundam Tomino Yoshiyuki.

Ya, Tomino memang suka memberikan komentar pada nama rising star, seperti yang telah dilakukannya juga pada Shinkai Makoto saat film karyanya meleduk dulu. Lalu bagaimanakah pendapat darinya mengenai film Kimetsu no Yaiba yang meleduk saat ini?

Tomino membuka komentarnya dengan mengatakan kalau saat ini sebuah karya perlu dibuat dengan sangat serius untuk bisa terlihat, dan mengatakan kalau Kimetsu no Yaiba adalah contoh anime yang melampaui batasan demografik. Dan kalau awalnya ia merasa iri karena projek itu berhasil mengumpulkan banyak orang yang bertalenta dan penuh dedikasi.

Tomino yang memiliki minat melakukan head hunting dan menemukan nama-nama yang bagus untuk bekerja bersamanya, mengatakan kalau dari pengalamannya ia pernah menemukan orang yang cocok pada satu waktu kemudian jadi tidak pas atau ketenarannya perlahan hilang.

Karena itu saat Tomino melihat para staff dan nama yang terlibat dengan Kimetsu no Yaiba ia jadi berpikir “wah mereka hebat dah!” dengan jajaran seiyuu yang mantap, komposer yang terkenal dan hebat, dan banyak staff bertalenta didalamnya, membuat Tomino merasakan iri yang dalam.

Tapi meskipun dengan pujian tersebut, Tomino juga memiliki komentar pedas. Dengan merasa kalau kesuksesan Kimetsu no Yaiba itu bukan sesuatu yang dikalkulasikan, dengan hal-ha yang membuatnya nge-Hit bisa ada karena kebetulan, dan mengatakan “aneh bisa ada pertemuan yang terjadi begitu sempurna”.

Tomino menjelaskan kalau dalam industri anime seseorang bisa dipilih pada sebuah projek karena berbagai kebetulan seperti jadwal sedang luang atau hal lainnya, dan langka seseorang yang benar-benar tepat dan ideal bisa dipilih begitu saja dengan lancar. Dan dari situ ia mengatakan kalau popularitas Kimetsu no Yaiba juga sudah sampai sini saja level batasnya.