Tomidai Fest Day 1 – Kayak apa sih Festival Gakuensai di Jepang?

Tomidai Fest Main Stage
Tomidai Fest Main Stage

Gakuensai, itulah yang lagi marak-maraknya digemari para kawula muda pecinta Jejepangan. Gakuensai sendiri memiliki arti festival yang diadakan di Universitas. Ya, di Indonesia sendiri kata Gakuensai digunakan untuk festival Jejepangan yang di adakan di universitas. Maka tak jarang pula apabila booth-booth yang ada dipenuhi oleh makanan Jepang sampai pada pernak-pernik anime. Namun pada kenyataannya, seperti apa sih gakuensai yang sebenarnya di Jepang? Apakah sama ya? Hmm.. Yuk simak artikel yang satu ini.

Dari Depan - Kampus Toyama -
Dari Depan – Kampus Toyama –

Kali ini Admin bakal membahas tentang bagaimana sih gakuensai di Jepang yang sebenarnya itu.. Oleh karena itu dalam artikel kali ini Admin akan memberitakan secara langsung dari Tomidai Fest 2014!!

Tomidai Fest merupakan acara gakuensai tahunan yang diadakan oleh Toyama University. Kali ini mereka mengambil tema “HANDS” dan diadakan secara 2 hari berturut-turut yaitu 11-12 Oktober 2014. Dalam gakuensai ini banyak terdapat booth serta acara-acara lomba yang diikuti oleh mahasiswa kampus itu sendiri. Tentu saja pihak umum (selain mahasiswa Toyama University) bebas menonton tanpa dikenai biaya apapun.

Booth Aksesoris
Booth Aksesoris

Di hari pertama yaitu Sabtu 11 Oktober 2014 memang tergolong agak sepi. Festival dimulai dari jam 9 yang tergolong “cukup pagi” bagi hitungan waktu di Jepang. Suasana main stage tidak terisi full oleh lomba. Begitu pula pengunjung yang datang. Namun tidak mempengaruhi kemeriahan di booth. Terdapat banyak booth berbaris rapi di sekitar kampus menjual berbagai jenis makanan khas Jepang dan aksesoris. Tidak seperti gakuensai di Indonesia yang banyak menjual aksesoris berbau anime, yang dijual disini benar-benar murni seni lho. Misalnya saja seni dari gelas kaca, anyaman, dan handmade. Selain itu dipajang juga beberapa baju untuk dijual.

Booth makanan pun begitu ramai, dari depan sampai belakang semuanya saling berpromosi menjajakan makanan yang dijual. Mereka ini adalah anggota para club yang ada di Toyama University. Dari klub badminton, sampai klub renang, semua menjajakan makanan lho. Tentu saja makanan yang paling populer adalah Takoyaki dan Okonomiyaki. Kalian akan menjumpai beberapa booth yang sama-sama menjual Takoyaki dan Okonomiyaki, sampai bingung deh mau pilih yang mana..

Beberapa orang bercosplay - Dapatkah kalian melihat sesosok Sailor Moon?
Beberapa orang bercosplay – Dapatkah kalian melihat sesosok Sailor Moon?

 

Booth makanan Jepang dimana-mana
Booth makanan Jepang dimana-mana

 

Hanya 100 yen lho!!
Hanya 100 yen lho!!

 

Berbagai cara tradisional sampai yang unik pun dilakukan oleh mereka para anggota klub yang bersaing ketat. Maka tak jarang untuk menarik minat pembeli mereka berteriak, berkeliling sambil cosplay dan membawa papan booth mereka, serta mengikuti lomba yang diadakan di main stage hanya untuk menyisipkan promosi booth mereka lho!! Wah wah wah..

Saat nya lomba!! Di hari Sabtu ini ada 2 lomba yang menjadi pusat perhatian. Yaitu lomba Quiz dan Miss University Contest. Kayak apa yah lombanya? Yuk lihat cuplikannya di video yang satu ini:

Lomba Quiz ini diadakan untuk per kelompok. Mereka akan diberi pertanyaan berupa pernyataan mengenai pengetahuan umum Jepang dan disuruh menebak apakah pernyataan itu benar (O) atau salah (X). Salah satu pertanyaan yang menarik bagi Admin sih yaitu “kanji berlari (hashiru) di Cina artinya menjadi berjalan. Benar atau salah” Ternyata jawabannya adalah benar! Menarik ya.. hahaha

Dan seperti yang admin bilang sebelumnya bahwa anggota club yang ingin mempromosikan boothnya tidak jarang mengikuti lomba hanya untuk berpromosi, maka mereka pun membawa banner ke mainstage dan mengikuti lomba seperti yang ada di kedua lomba ini.

Untuk lomba berikutnya adalah Miss University Contest yang dinanti-nantinya oleh kaum pria. Huee~~

Kontes ke-kawaii-an yang diikuti oleh para gadis di Toyama. Siapakah yang kalian anggap berwajah dan berperilaku paling kawaii? Dialah yang menang.. Yuk langsung simak aja kayak apa sih..

Video diatas adalah bagian perkenalan bagaimana gaya perkenalan kawaii mereka.. Wah ternyata cewek Jepang banyak yang malu-malu ya.. Nah, berikutnya mereka akan diuji seberapa kawaii sikap mereka. Kali ini mereka diberi soal bagaimana sih jika kalian menyatakan perasaan kalian pada orang yang kalian sukai? Mulai deh “menggomballah” para cewek-cewek kawaii ini..

Tentu saja yang bermaksud untuk mempromosikan booth mereka tak lupa menyisipkan kata-kata barang jualan di boothnya dalam rayuan mereka. Heheheh

Dan dari apapun juga, pemenang utama kontes ini mendapatkan hadiah sepasang tiket ke Tokyo Disney Land lho!! Asyiknya~~

Kawaii~~
Kawaii~~

Acara gakuensai ini juga bekerja sama dengan Town Work, yaitu perusahaan pencarian pekerjaan di Jepang. Dengan maskot boneka babi yang berkeliling di sekitar area kampus, kamu pun boleh berfoto gratis bersama lho! Bahkan akan diberi souvenir majalah lowongan pekerjaan. Hehehe..

 

Suasana keramaian orang-orang
Suasana keramaian orang-orang

Beginilah suasana hari pertama. Cukup ramai, tetapi kurang berisik dibandingkan dengan festival gakuensai di Indonesia. Dan pastinya suasana ini cocok bagi admin untuk perburuan makanan yang jarang di temui di gakuensai Indonesia!

Nggak kalah pentingnya. Rare item - ringo ame!!
Nggak kalah pentingnya. Rare item – ringo ame!!

Ringo Ame! atau berarti permen apel. Nggak semua gakuensai di Indonesia memiliki booth yang menjual ringo ame. Bahkan apabila adapun, dalam beberapa jam, hueh hueeh langsung ludes. Ternyata begitu juga lho disini. Dari sekian banyak booth yang menjual makanan, hanya 1 booth yang menjual ringo ame ini. Dan harganya lumayan juga di kantong. 300 yen. Saking besarnya, admin nggak tau cara makannya gimana. Hehehe keras banget!

Kentang yang berisi keju lumer.. Hmm Mochi Potato! Oishiii~~
Kentang yang berisi keju lumer.. Hmm Mochi Potato! Oishiii~~

Mochi potato! Ini juga admin kategorikan sebagai rare item deh.. Karena di Indonesia jarang ada yang begini. Makanan ini kayak perkedel mungkin yah versi Indonesianya, tapi begitu gigit, kalian akan merasakan keju yang melumer dari dalam.. Hmm dingin-dingin gini makan kentang hangat. Cuma 200 yen! Dan apabila kalian membeli 2 potong maka hanya dikenakan biaya 300 yen.

 

Booth kreativitas barang bekas
Booth kreativitas barang bekas

Nah, pulangnya kalau masih ada waktu, silakan mampir ke booth yang satu ini. Booth indoor yang memajang hasil kreativitas dari barang-barang bekas. Disini kalian bisa menghabiskan waktu dengan tenang dan mencoba membuat benda seni ala kalian sendiri dari barang-barang bekas yang telah disediakan. Dan hal ini tidak dikenakan biaya lhoo.. Booth ini bertujuan untuk mengajak orang melakukan daur ulang dan tidak seenaknya sendiri terhadap sampah. Dan admin juga membuat sesuatu lho!! Ja~jan~

Buatan mimin. Ufufu~
Buatan mimin. Ufufu~

 

Sekian live report dari Toyama University Japan. Nantikan juga artikel yang memuat berita Tomidai Fest Day 2 yah~ Nanti akan ada acara yang bakal lebih rame dari Day 1 seperti karaoke competition dan kontes Danso dan Joso (Laki-laki yang berpakaian seperti perempuan dan begitu pula sebaliknya)!! Mata ne~

SHARE
Previous articleMatsumura Sayuri Nogizaka46 Tertangkap Basah Berciuman di Depan Umum
Next articleOshima Yuko Menutup Akun Blog Resminya
やるキ、げんキ、ゆキでーす! 国立スラバヤ大学卒業生(もうすぐ笑)、富山大学日研生でした。 ジャワ語、インドネシア語、英語、日本語。 O型、多趣味、偏見のない、チャレンジ好き、ダジャレ好き、たまに真剣(笑) 音楽:ジャニーズ(特NEWSとKAT-TUN)、アニソン、ボカロ、歌い手 やりたいこと:世界旅(宇宙も) どうぞ気軽にお話をかけてみてください!♪ Hello, Yuki Nyan here~ I've graduated from State University of Surabaya and I've been study abroad in Toyama University. Javanese, Bahasa Indonesia, English, Japanese. Blood type O, multivaried interests, open-minded, love to challenge, love jokes, sometimes being serious (lol) Music: Johnny's Entertainment (especially NEWS and KAT-TUN), Anisong, Vocaloid, Utaite Wanna do: World Journey (and also Space) Feel free to talk me~