Negara Jepang akan jadi ramai akan pengunjung dari luar Jepang pada tahun 2020 nanti, dengan diadakannya event olahraga besar Olimpiade Tokyo 2020 pada musim panasnya. Dari nama tersebut bisa dipastikan akan ada pertandingan seru pada Ibukota Jepang tersebut. Akan tetapi baru-baru ini ada hal mengejutkan dimana pertandingan Tokyo Marathon dari Olimpiade Tokyo batal diadakan di Tokyo dan dipindah ke kota lain.

Dan kenapa bisa muncul perubahan yang agak ironis itu? Suhu. Dengan Olimpiade Tokyo 2020 masuk pada musim panas, dan dibuka pada tanggal 24 Juli dan ditutup pada tanggal 9 Agustus, diperkirakan kalau Tokyo akan sangat panas dan lembab pada saat itu, dengan suhu yang bisa mencapai 29.2-30.8 derajat Celcius.

Kita sudah lumayan sering mendengar betapa parahnya panas di Jepang belakangan ini, yang tak hanya membakar serangga tapi juga bisa membunuh orang-orang Jepang, dan Tokyo menjadi salah satu lokasi terpanas di Jepang saat musim panas berlangsung.

Karena itu untuk menjaga keselamatan para atlit yang akan bertanding, awalnya Komite Olimpiade Internasional merencanakan agar jam pertandingannya diubah jadi 7.30 pagi, untuk menghindari terik matahari siang. Tapi kemudian dilakukan perubahan lagi, yang diubah jadi jam 7 pagi, dan kemudian coba diubah lagi menjadi jam 6 pagi, saat dimana matahari sangat kecil.

Tapi tentu pada akhirnya rencana Komite itu diubah lagi. Dengan pertandingan maraton Olimpiade Tokyo 2020 jadi batal dilakukan di Tokyo, dengan lokasinya dipindah lagi ke daerah yang lebih sejuk. Dan baru-baru ini dikabarkan dimana kota pengganti Tokyo untuk lokasi marathon itu.

Dan kini Komite Olimpiade mengumumkan kalau lokasi untuk pertandingan lari maraton Olimpiade Tokyo 2020 akan diberlakukan di Kota Sapporo yang terletak di Hokkaido yang umumnya memiliki suhu 5 derajat dibawah Tokyo, dan menariknya adalah lokasi dari Olimpiade Musim Dingin 1972.

Agak ironis melihat lokasi pertandingan Olimpiade musim panas di Jepang diubah jadi di bekas lokasi kota Olimpiade musim dingin di Jepang, tapi memang ini keputusan yang bagus melihat lokasi Sapporo di Hokkaido yang berada pada bagian utara menjadikannya terasa sejuk dan tak membahayakan para atlit.