Kita semua akan menua dan pada akhirnya mati. Itu adalah peraturan alam yang tak terhindarkan. Pada umumnya, orang-orang yang sudah tua akan kehilangan sebagian dari kelebihan masa mudanya. Seperti menurunnya kemampuan berpikir, pendengaran, dan linguistik (berbahasa). Hal-hal tersebut secara perlahan akan menurun kualitasnya seiring bertambahnya usia seorang manula. Orang yang sudah tiba di masa uzurnya tidak akan sama lagi seperti dirinya di masa muda. Mereka juga kehilangan keberanian serta daya tahan tubuh. Meski begitu, ada saja orang tua yang masih gagah. Termasuk kakek dalam anime ini.

Daftar tokoh kakek dalam anime berikut disusun berdasarkan kemampuan mereka yang hebat, bahkan jauh lebih dahsyat ketimbang tokoh pemudanya. Mereka adalah orang tua yang masih bisa beraksi menghajar musuh tanpa khawatir penyakit encoknya kambuh. Siapa saja para kakek tersebut? Nah, ini dia, Akiba Nation sajikan daftarnya. Ayo disimak sampai habis, Minna-san! 😀

1. Master Roshi (Dragon Ball)

master_roshi
Source: Wikia

Yang ada di urutan pertama tentu saja yaitu Master Roshi! Kenapa bisa begitu? Karena merupakan fakta yang tidak dapat disangkal bahwa Master Roshi adalah guru tergagah yang pernah ditemukan oleh Goku dalam seumur hidupnya. Di balik penampilan yang seperti kakek tua pada umumnya, hanya saja agak sedikit nyentrik, Master Roshi ternyata menyimpan kekuatan super. Bagaimana tidak, jurus kamekameha yang dimiliki oleh Master Roshi bahkan dikatakan bisa menghancurkan bulan. Wah-wah, tidak dapat dipercaya!

Kakek satu ini juga memiliki umur yang berkali-kali lipat jauh lebih uzur dari kakek dalam anime lainnya. Ia memiliki usia 430 tahun. Bah! Bagaimana bisa seorang kakek berusia lebih dari empat abad itu menghancurkan bulan? Sebuah hal yang kedengaran sangat mustahil. Tapi percaya atau tidak, Master Roshi memang dapat melakukannya. Selain itu, guru yang mengajari banyak hal pada goku tersebut memiliki tubuh yang sangat atletis. Dengan otot yang ada di sekujur badannya, Master Roshi lebih terlihat seperti pelatih gym ketimbang kakek-kakek.

2. Hiruzen Sarutobi (Naruto)

hiruzen_sarutobi
Source: Wikia

Sarutobi merupakan Hokage Ketiga yang memimpin desa Konoha di zaman Naruto masih kecil. Ia mengatur segala hal dengan bijak dan penuh kerahasiaan. Dirinya adalah seorang ninja yang tangguh. Di masa muda, Sarutobi telah menguasai banyak jutsu hebat serta mengalahkan ninja-ninja musuh yang kuat. Dia akhirnya diangkat menjadi Hokage Ketiga yang mempertahankan keutuhan wilayah Konoha. Meskipun sekarang umurnya telah mencapai 69 tahun, mempunyai cucu serta sering dipanggil “Kakek”, Sarutobi tetap menjadi ninja yang unggul.

Buktinya, kakek dalam anime Naruto tersebut masih mampu imbang bertempur melawan Orochimaru. Salah satu dari ketiga muridnya itu datang untuk memorak-porandakan desa Konoha. Bahkan, Orochimaru yang telah mengembangkan teknik pembangkitan orang mati, Edo Tensei, menghidupkan kembali dua hokage sebelumnya untuk membantu mengalahkan Sarutobi. Dua hokage itu adalah Hokage Pertama (Hashirama Senju) dan Hokage Kedua (Tobirama Senju), yang masih muda-dewasa. Namun Sarutobi masih bisa setara melawan mereka bertiga, termasuk memukul mundur Orochimaru dengan jurus Segel Dewa Kematian.

3. Edward Newgate (One Piece)

edwaed_newgate_youtube
Source: Youtube

Siapa penggemar One Piece yang tidak mengenal kakek tua bernama Edward Newgate atau yang biasa dipanggil Whitebeard? Ya, orang yang juga dikenal dengan sebutan Shirohige ini merupakan seorang Yonko. Yonko adalah istilah yang dipakai untuk para penguasa bajak laut. Mereka memiliki kekuatan dahsyat yang dapat mengguncang dunia. Kekuasaan wilayah diatur olehnya sesuka hati dan bisa jadi menyerang Yonko yang lain untuk menguasai wilayahnya. Kakek dalam anime One Piece yang digadang-gadang terkuat di dunia ini memiliki kekuatan gempa.

Karena memakan buah setan bernama Gura Gura no Mi, Edward Newgate di umur yang ke-72 tahun ditakuti oleh banyak bajak laut. Dengan fisik pria besar berotot, kumis putih melengkung berbentuk bulan sabit, dan bekas luka di sepanjang tubuhnya, kakek Shirohige terlihat begitu sangar. Fakta bahwa ia bisa membuat gunung bergetar hebat dan hancur lebur dalam sekali pukul membuat bajak laut lain gentar di hadapannya. Aduh, siapa sih yang tidak gentar di hadapan orang yang bisa menghancurkan gunung? Kalau calon mertua kalian adalah kakek ini, dijamin ‘wasallam’ hubunganmu deh.

4. Bang (One Punch Man)

bang_onepunchmanmanga
Source: Onepunchmanmanga

Adakah tokoh kakek dalam anime One Punch Man yang juga masih gagah di masa tuanya? Jawabannya: ada dong! Namanya Bang, berusia 81 tahun, dan merupakan ahli bela diri terbaik selain Saitama. Dengan teknik Rock-Smashing Water Stream Fist, membuatnya mendapat posisi S-Class, Rank 3 dalam Heroes Association. Tampilan fisik dan wajah kakek tua berjulukan Silver Fang ini pun bahkan bisa membuat anak kecil menangis hanya karena melihatnya. Beserta jurus Martial Art yang mengagumkan sekaligus mengerikan, lawan akan ditekuk menjadi seperti kertas obat nyamuk. Minna-san jangan mau jadi calon mantu Mbah Bang, ya!

5. Makarov Dreyar (Fairy Tail)

makarov_prepares_for_fairy_law_wikia
Source: Wikia

Natsu dan kawan-kawan sebenarnya menyimpan rasa kagum terhadap kakek Makarov. Orang tua dengan tubuh mungil dan cenderung lucu ini jauh dari kata menakutkan, tetapi mempunyai segudang kemampuan menyeramkan. Dia adalah seorang pria yang memiliki kelebihan untuk berubah menjadi raksasa dan dapat mengalahkan seekor naga buas sekalipun. Dia juga merupakan Guild Master dari Fairy Tail dan salah seorang Ten Wizard Saints. Di balik wujud yang lemah, kakek Makarov adalah penyihir terbaik di dunia Fairy Tail. Jangan macam-macam dengan kakek satu ini, atau kau akan dikutuk jadi batu seperti Malin Kundang.

Nah, itulah daftar kakek dalam anime yang masih gagah meski sudah uzur dan memiliki umur yang berbilang besar. Mereka adalah sekian dari orang tua yang memiliki semangat tinggi serta patut untuk kita contoh. Kira-kira kalau mereka melihat Minna-san selalu berada di dalam kamar, bermalas ria sambil main game atau nonton anime, dijamin Minna-san akan ditarik keluar untuk kemudian diomeli, “Dasar anak muda zaman sekarang! Masih muda, tapi sifat kayak kakek-kakek saja! Diam meringkuk seharian di kamar, astaga, kalian pikir itu keren?! Pergi dan lihat dunia luar sana, Kunyuk!” Mungkin begitulah~

SHARE
Previous articleOpening Ceremony JFF 2016, Shuhei Rayakan Ultah Bersama Fans
Next articleKota Hida Telah Meraup Untung Berkat Kimi no Na wa!
Winata SilenceAngelo merupakan seorang penulis remaja yang lahir pada 3 September 1997 di kota Karawang. Kecintaannya terhadap diksi yang melankolis serta menyentuh mengantarkannya ke dunia kepenulisan. Pada umurnya yang masih sangat muda ini, ia berhasil meraih beberapa penghargaan sastra serta menjadi kontributor dari buku-buku puisi. Menurut Winata, dalam sebuah naskah, entah itu novel, cerpen, esai, puisi, atau sekadar kata-kata, yang terpenting adalah unsur amanat. Seperti ketajaman pada ujung mata pedang, amanat merupakan apa yang menjadi tolak ukur suatu seni. Di sanalah segala dari pemikiran sang penulis bermuara, hingga kemudian menunjukan keindahannya dengan sangat artistik.