Bullying merupakan suatu bentuk diskriminasi dan pelecehan secara verbal atau nonverbal. Bullying tidak hanya melukai fisik, tetapi juga dapat melukai seseorang secara psikologis. Akibatnya, korban bullying tidak bisa menjalani hari-harinya dengan normal seperti orang-orang pada umumnya. Animasi Jepang banyak mengangkat adegan bullying, dan biasanya, yang menjadi korban adalah karakter utama cerita, yakni tokoh anime culun!

Seperti yang Akiba-chan dan Akiba-kei duga, jalan cerita tokoh anime culun yang di-bully oleh orang-orang di sekitarnya selalu berakhir dengan pengakhiran cerita yang terkesan klise dan monoton. Karakter utama dalam anime tersebut atau heroin akan menjadi seseorang yang lebih kuat karena di-bully, selalu begitu ending-nya. Itulah mengapa disebut terkesan klise dan monoton.

Dalam kesempatan kali ini, Akiba Nation akan merangkum 6 tokoh anime culun yang berubah menjadi lebih kuat setelah berhasil survive dari bullying.

Siapa sajakah mereka? Dan dari anime mana saja? Silakan Minasan simak daftarnya di bawah ini! Oh iya, hampir lupa, beberapa dari tokoh-tokohnya ada yang diambil dari manhwa (komik versi Korea), jadi jangan Penulis yang akhirnya di-bully ea? Hehehe …. Oke, cekidot! 😀

1. Ippo Makunouchi

Siapa nih yang suka menonton anime berjudul Hajime no Ippo? Animasi Jepang yang berada di urutan pertama dalam daftar ini diadaptasi dari manga yang mengisahkan tentang seorang petinju profesional bernama Ippo Makunouchi. Tapi jangan sangka, sebelum menjadi petinju yang hebat, Ippo ternyata korban bully juga, lho! Kok bisa sih? Bagaimana ceritanya bisa sampai di-bully ya?

Dalam cerita Hajime no Ippo, tokoh anime culun satu ini menjadi sasaran penindasan oleh para preman. Setelah di-bully sampai tidak sadarkan diri, ia diselamatkan oleh Mamoru Takamura. Ippo-kun yang sehabis ditindas terbangun di tempat olahraga tinju diberi kesempatan oleh Mamoru-san unruk melampiaskannya ke samsak. Ternyata pukulan Ippo cukup kuat! Di situlah permulaannya menjadi petinju profesional.

 

2. Izuku Midoriya (Deku)

Ketidakpunyaannya akan quirk atau kekuatan lebih membuat Izuku Midoriya (Deku) menjadi bahan yang pas untuk di-bully. Tokoh anime culun tersebut selalu saja diejek dan dikerjai oleh Bakugo, pem-bully sekaligus lawan terbesarnya di anime Boku no Hero Academia. Tetapi, suatu kejadian di mana Deku menyelamatkam Bakugo menjadi awal pertemanan mereka.

Yaaa, walaupun bisa juga disebut masih menjadi musuh bebuyutan. Namun, gara-gara kejadian itu, All Might memberikan quirk pada Deku yang dinamai One for All. Meski begitu, Deku belum mampu menguasai kekuatan lebih tersebut seutuhnya. Ia perlu waktu yang panjang untuk mengendalikan quirk yang cukup dahsyat satu ini. Sejauh ini Deku hanya dapat menggunakannya setengah-setengah untuk bertarung melawan para penjahat yang cukup tangguh.

 

3. Kenichi Shirahama

Awal cerita History’s Strongest mengisahkan tentang seorang siswa paling lemah di sekolah bernama Kenichi Shirahama. Nasib yang malang untuk pemuda tersebut, ia hanya dijadikan human punching bag atau samsak hidup untuk latihan anggota-anggota klub karatenya. Setiap ekstrakurikuler, bagian-bagian tubuh Kenichi seperti perut, dada, punggung, lengan, dan kaki selalu memar dan sakit karena menjadi target tinju siswa lain.

Namun, Kenichi kemudian dilatih oleh para ahli bela diri paling dahsyat dari dojo Ryozanpaku. Dengan latihan-latihan yang sangat berat diiringi dendam yang amat besar, perkembangan Kenichi terhitung cepat. Ia tumbuh sebagai siswa yang luar biasa kuat. Pada akhirnya, yang dihadapi oleh Kenichi bukan lagi para pem-bully di sekolahnya, melainkan para ahli bela diri paling berbahaya di dunia dan murid-murid didikan mereka.

Baca juga: 5 Anime yang Diadaptasi ke Game Bandai Namco 2018 Ini

 

4. Kamishiro Yuu

Saat masih di SMP, Kamishiro Yuu selalu jadi bahan olok-olok dan bully-an. Cowok satu ini sangatlah lemah dan sangat mudah diremehkan. Dalam situasi tersudut, Yuu hanya dapat gemetar dan ketakutan. Meski begitu, ia diam-diam bisa melakukan sedikit perlawanan. Kekuatan tinju yang dimiliki Yuu terbilang mumpuni. Musuh-musuh yang terlalu meremehkannya mungkin bisa dibuat terpental ke belakang.

Kamishiro Yuu kemudian belajar ilmu bela diri. Ia mulai dapat mengalahkan rasa takut dan berkembang dari pertarungan demi pertarungan yang berhasil dilewatinya. Minasan yang penasaran dengan kisah Yuu secara lengkap bisa membacanya di manga Holyland. Dari manga tersebut, Akiba-chan dan Akiba-kei akan mengetahui bahwa kemampuan bertarung Yuu masih terus berkembang. Jurus-jurus ilmu bela diri dipelajarinya dengan bertahap.

 

5. Joichiro Nishi

Joichiro Nishi tadinya merupakan tokoh anime culun yang menjadi anggota kelompok pemburu alien di Gantz. Dia mungkin masih SMP, tapi dia sudah bertahan hidup lebih lama dibanding Kei Kurono dan Masaru Kato, serta beberapa karakter lainnya. Nishi juga sempat mati di misi Tanaka Alien, namun ia dihidupkan kembali. Hebat, bukan?

Nishi dahulu adalah korban bully di sekolahnya. Ia kemudian membalas dendam kepada para lawannya dengan menggunakan teknologi canggih Gantz. Hasilnya benar-benar di luar dugaan. Adegan demi adegan yang cukup sadis ditampilkan. Dan Minasan tidak akan menyangka apa saja yang akan dilakukan Nishi pada musuh-musuhnya.

 

6. Shi-Won Lee

Manhwa (komik Korea) The Breaker menunjukkan betapa kerasnya perjuangan seorang remaja bernama Shi-Won Lee. Ia tadinya menjadi bahan bully-an yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Ada banyak kejadian bully yang telah dilewati Shi-Won. Namun, berkat tekadnya yang kuat, Shi-Won berhasil tumbuh sebagai salah satu remaja yang hebat!

Komik asal Negeri Ginseng satu ini menyajikan kisah yang selalu menarik untuk dibaca, yaitu perjuangan melawan bullying. Tokoh utama yang di-bully habis-habisan adalah gambaran yang nyata bahwa perjuangan untuk menjadi kuat selalu diawali dengan angka nol. Shi-Won benar-benar butuh waktu lama agar bisa melakukan pembalasan terhadap para pem-bully.

Ya, begitulah kisah-kisah dari tokoh anime culun dan karakter manga serta manhwa yang pernah jadi korban bully dan diremehkan. Mereka kemudian tumbuh kuat karena semua cobaan yang telah mereka lalui. Bagaimana pun, kita mesti mengambil pelajaran dari kisah-kisah mereka. Bahwa kita juga harus tumbuh kuat setelah melewati semua cobaan kehidupan ini. 🙂