Dengan maraknya dunia animanga dan game, tak heran bisa dibuka toko spesialis yang menjual produk animanga, dan tak hanya campuran tapi ada juga yang berspesialisasi untuk satu seri saja. TouRan atau Touken Ranbu juga memiliki toko macam itu, dan baru-baru ini toko Touran di Tokyo melakukan hal kece dimana mereka juga memamerkan pedang katana asli yang tak biasa, karena itu adalah katana Muramasa!

Touken Ranbu berawal sebagai game browser yang pertama dirilis di Jepang diawal tahun 2015.  Dalam game itu player berperan sebagai Saniwa yang memimpin para Touken Danshi, karakter pria tampan yang merupakan wujud manusia dari pedang katana kuno asli, dalam misi melindungi sejarah dari kekuatan jahat yang berusaha mengubahnya.

Saat ini seri tersebut telah bertumbuh makin besar, tak hanya memiliki seri manga, anime, dan stage play, dan juga game dalam bentuk lain lagi. Seri tersebut juga terkenal melakukan hal menarik yang terhubung dengan sejarah Jepang. Seperti membantu gerakan pemulihan hal-hal bersejarah yang rusak, dari kuil sampai pedang katana yang hilang ditelan sejarah.

Dan sedikit terhubung dengan hal terakhir itu, baru-baru ini ada kabar menarik lagi dari seri tersebut, yang dapat ditemukan pada Touken Ranbu YorozuYa Honpo, sebuah toko spesialis yang menjual produk-produk dari seri TouRan. Seperti yang dikatakan diawal, toko itu sedang memamerkan pedang Muramasa asli yang berbentuk Wakizashi alias pedang pendek.

Bagi yang mungkin tak tahu, Muramasa adalah seorang pandai besi yang sangat terkenal dalam sejarah Jepang. Ia terkenal dari legenda sebagai pencipta pedang iblis yang terkutuk. Ketenarannya dalam hal itu membuat namanya juga sudah hadir dalam berbagai seri animanga dan game Jepang seperti Final Fantasy dan Fate.

Nama Muramasa sendiri bukan hanya satu orang, melainkan terdiri dari beberapa generasi. Dan yang dipamerkan pada toko TouRan tersebut diperkirakan datang dari Muramasa generasi kedua yang dipercaya sebagai yang paling ahli. Dan bukti ketulenan pedang itu terlihat dengan adanya pahatan kanji nama Muramasa pada Wakizashi tersebut.

Selain pedang Muramasa ada juga pedang lain lagi, yang diperkirakan merupakan pedang buatan Shimada Hirosuke anak dari Shimada Gisuke sang pembuat Otogine salah satu dari Tiga Tombak Terhebat sejarah Jepang, yang tampil lebih WAH lagi. Kedua pedang bersejarah itu dikatakan akan dipamerkan disitu sampai 7 November nanti.