Seperti negara-negara lain, negara Jepang juga memiliki spot atau tempat yang terkenal sebagai landmark, diluar lokasi anime pilgrimage. Gunung Fuji dan Tokyo Tower mungkin contoh yang bagus akan spot macam itu. Selain itu, ada juga landmark di Shibuya, berupa zebra cross yang dinamai Shibuya Scramble, yang baru-baru ini dipertunjukkan keindahannya dan juga sejarahnya, dalam video 4D Tokino Kousa.

Mina-san mungkin sudah pernah melihat spot tersebut walau mungkin ada yang tak tahu namanya. Karena Shibuya Scramble, atau bisa juga disebut Shibuya Crossing, memang tak jarang digunakan dalam acara atau video lain jika ingin menunjukkan betapa aktif dan workaholic penduduk perkotaan Jepang, bahkan animanga atau game juga kadang memakainya.

Dan setelah banyak muncul dalam berbagai video-video lain, kali ini dibuat projek video kolaborasi akan landmark tersebut. Menunjukkan perkembangan lokasi tersebut layaknya perjalanan waktu, dari 10.000 tahun yang lalu sampai sekarang. Dalam video 4 dimensi berjudul Tokino Kousa Shibuya Vernacular.

Video tersebut memang sangat indah untuk ditonton, menunjukkan bagaimana beribu tahun lalu spot tersebut hanyalah hutan dan ladang untuk bertani, dibandingkan dengan sekarang ini dimana Shibuya menjadi perkotaan modern. Visual yang dipakai menggabungkan adegan nyata untuk Shibuya saat ini, dan visual anime untuk Shibuya jaman dahulu.

Dan jika mina-san jadi membandingkan keindahan visual anime video tersebut dengan karya-karya Shinkai, itu hal yang wajar. Karena memang yang menjadi kepala akan projek itu adalah Shinomiya Yoshitoshi, yang sebelumnya menangani key visual dan background artist berbagai movie Shinkai, seperti Kotonoha no Niwa, Hoshi no Koe, dan ya, sampai Kimi no Na wa.

Tapi ia tak sendiri, dengan animasinya diproduksi oleh studio CLAP, dan juga produser Matsuo Ryoichiro dan creative director Matsu Hiroaki. Dan untuk gadis cantik yang membintangi video itu, diperankan oleh model bernama Yane.

Saat ini projek tersebut juga sedang membuka crowdfunding campaign untuk mengumpulkan dana sebesar 1.800.000 Yen sampai tanggal 6 Juni, untuk mengadakan eksebisi yang menampilkan material produksi video itu untuk bulan Agustus nanti di Shibuya, yang saat penulisan artikel ini, telah terkumpul 15%.