Sebuah festival bernama MonkeyLada Festival yang diselengarakan di Krida Loka Park Senayan pada hari Sabtu 28 November 2015menghadirkan sebuah band instrumental kenamaan dari Jepang TOE. Festival yang juga disponsori oleh Waralaba Fastfood KFC ini juga bakal menampilkan banyak sederetan Artis Lokal. Namun penampilan kedua TOE di Indonesia juga patut menjadi perhatian terutama bagi Kalian pecinta musik Jepang.

TOE sendiri merupakan sebuah band yang juga banyak digolongkan beraliran Post-rock ataupun math-rock, beranggotakan Kashikura Takashi drums, Mino Takaaki guitar, Yamane Satoshi bass guitar, dan Yamazaki Hirokazu guitar. TOE mulai aktif dan meracuni pecinta musik di Jepang dengan Sound yang menakjubkan sejak tahun 2000. Aliran nya yang tidak “biasa” membuat TOE harus berjuang di jalur Indie bersama label bernama Machu Picchu, sang drummer sendiri juga mempunyai kaitan dengan Band Jepang lain yaitu the HIATUS yang sepertinya lebih banyak mendapat exposure.

Salah satu aksi penampilan TOE
Salah satu aksi penampilan TOE

Dari segi musik sendiri, musik TOE sangat kental dengan suasana, ciri khas dari aliran indie maupun math-rock. Lagu-lagu dengan part awal yang kalem dan lembut, hingga secara intens meningkat menjadi lebih keras di bagian klimaks, adalah format yang akan sering kita temui pada lagu-lagu dari TOE kali ini. Namun tetap musik TOE yang dimainkan secara emosional, dan mampu menggiring suasana dan emosi kita saat mendengarkan lagunya, akan menjadi sensasi dan karakter tersendiri dari band yang satu ini.

Berikut adalah salah satu lagu mereka, di ambil dari DVD live mereka yang juga menyertakan vokal dari penyanyi Toki Asako

Video di atas telah mencapai 2 Juta viewers, dan berikut adalah salah satu penampilan mereka di Fuji Rock festival

Dan pada penampilan nya di Indonesia kali ini TOE akan berjajar dengan line up mancanegara seperti The Fratellis dari gasglow maupun Before You Exit dari Amerika, selain itu juga ada artis top lokal seperti Shandy Sandoro, Isyana Syarasvati dsb. MonkeyLada festival sendiri dibuat dengan tujuan menyajikan entertainment lengkap dari penanyangan film, stand-up komedi, beragam kegiatan seru, dan tentu saja beragam hiburan musik dari berbagai genre musik. Dan penampilan TOE ini kembali menjadi langkah yang baik untuk menampilkan musisi indie berkualitas dari mancanegara terutama Jepang.

Screen Shot 2015-11-25 at 10.21.00 PM