Content provided by Keepo. Smartphone sekarang udah jadi barang lumrah dan bukan lagi menjadi barang yang sulit dicari, dan bahkan sekarang smartphone jadi barang yang nggak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Sayangnya, bukan berarti smartphone tidak ada kekurangan, salah satunya yang paling menggangu kalo mengalami masalah adalah pada touchscreen nya yang nggak responsif.

Baca Juga: Jadi Ambassador Sosmed 7-Eleven Digaji 76 Juta Perbulan, Mau?

Memang sih terlihat sepele, tapi ternyata masalah sepele ini bisa jadi masalah besar kalo selalu dianggap “enteng” saja. Nah, ngomongin masalah ini, setidaknya kali ini ada 4 tips yang berguna untuk mengatasi masalah touchscreen smartphone yang gak responsif. Cekidot!

1 – Tutup aplikasi untuk menghemat RAM

Tutup aplikasi untuk menghemat RAM

Salah satu penyebab kenapa touchscreen smartphone kalian tiba-tiba tidak responsif adalah karena sisa RAM di smartphone kalian yang tidak memadai. Akhirnya, hal ini akan berimbas pada performa smartphone itu sendiri dan membuat delay informasi yang diinputkan dari panel kaca hingga diproses oleh CPU smartphone. Jadi, ada gunanya untuk menutup aplikasi terutama yang berjalan di background process untuk memberikan ruang lega RAM smartphone kalian.

2 – Restart smartphone

Restart smartphone

Sulit dipercaya, tapi kenyataannya melakukan restart pada smartphone dapat mengatasi beberapa permasalahan, dan salah satunya termasuk mengatasi layar smartphone yang tidak responsif. Nggak hanya berlaku di OS Android saja loh, kalo kalian adalah pengguna Windows Phone atau iOS sekalipun, cara ini terbukti ampuh mengatasi beberapa permasalahan ringan smartphone kalian.

3 – Melakukan kalibrasi

Melakukan kalibrasi

Langkah yang satu ini terdengar asing bagi sebagian besar pengguna smartphone. Yap, memang cara yang satu ini tidak dianjurkan bagi kalian yang masih “awam” soal teknologi dalam smartphone yang kalian gunakan. Namun, kalo kalian berani mencoba, silakan cari tutorial tergantung smartphone yang kalian gunakan. Ingat, Do It With Your Own Risk!

4 – Ganti launcher smartphone

touchscreen

Mungkin kalian nggak akan menyangka kalo launcher smartphone yang digunakan itu berpengaruh pada masalah tidak responsifnya touchscreen, tapi pada beberapa kasus yang dijumpai, mengganti launcher smartphone dengan aplikasi pihak ketiga justru mengurangi dan bahkan mengatasi permasalahan tadi.

Nah, itu dia 4 tips yang bisa kalian coba ketika mengalami masalah tidak responsifnya layar smartphone alias touchscreen ketika digunakan, entah sedang melakukan gaming atau sekedar chattingan saja. Semoga membantu!