Content provided by Keepo. Punya PC, mungkin menjadi idaman bagi beberapa orang, meskipun sekarang ini keberadaan PC mulai digantikan dengan gadget lain misalnya laptop dan juga smartphone, namun kenyataannya masih ada beberapa hal yang membuat orang lebih suka merakit PC sendiri daripada membeli gadget yang lain, salah satunya adalah karena masalah budget.

Namun, tentu aja meskipun PC bisa dikatakan lebih murah, ada beberapa hal yang membuat PC masih membutuhkan budget dan alokasi budget yang pas, sehingga kalian bisa punya PC yang bagus secara price to performance. Gimana sih caranya? Simak beberapa tips merakit PC ini!

More article from Keepo.

1 – RAM

RAM

RAM sekarang ini jadi salah satu part komputer yang harganya sedang naik, hal ini karena persediaan RAM yang terbatas namun permintaannya sangat tinggi. Untuk saat ini, penggunaan DDR4 jauh lebih baik dibandingkan dengan DDR3, apalagi selisih harga yang tidak terlalu jauh, namun dengan prospek jangka panjang lebih baik. Hal ini bisa kalian perhatikan lagi saat merakit PC.

2 – VGA Card

merakit PC

VGA Card jadi komponen yang paling mahal dari sebuah PC, selain processor tentunya. Hal ini diakibatkan karena permintaan yang tinggi untuk melakukan mining  cryptocurrency. Sebagai saran, kalian bisa memilih seri RX untuk AMD dan GTX 10 Series untuk NVIDIA, sisanya sesuaikan saja tipe yang pas dengan budget kalian ya!

3 – Harddisk dan SSD

Harddisk dan SSD

Kalian bisa memilih salah satu atau mengkombinasikan keduanya untuk media penyimpanan kalian, namun jika kalian lebih suka menggunakan untuk editing dan rendering, ada baiknya menggunakan SSD, HDD menjadi pilihan terbaik untuk sekedar menyimpan file saja.

Baca Juga: Aktor The Raid 2 Ini Sekarang Ikut Jadi Seiyuu Film Precure!

4 – PSU (Power Supply Unit)

PSU (Power Supply Unit)

Mungkin banyak yang meremehkan yang satu ini, namun sebenarnya PSU ini penting banget untuk menjaga keawetan dari komponen komputer kalian, jadi jangan asal membeli PSU ya, saran gunakan 80+ Gold jika punya budget lebih, dan beberapa merk yang direkomendasikan adalah FSP Hexa+ II, Enermax, EVGA, Superflower, Seasonic, Cougar jika budget terbatas.

5 – Processor

Processor

Processor juga merupakan komponen mahal dari merakit sebuah komputer, dan pemilihannya sesuai dengan keperluan kalian. Apabila kalian suka mengedit, ada baiknya untuk menggunakan Processor dengan core lebih banyak, dan sebaliknya jika hanya digunakan sekedar mengetik dan hiburan, processor dengan 2 core saja sudah cukup kok!

6 – Motherboard

Motherboard

Motherboard sendiri adalah sebuah papan dimana kita meletakkan semua komponen tadi menjadi sebuah PC. Nah, untuk pemilihan motherboard ini kalian sudah pastikan apakah support dengan processor yang kalian beli, jangan sampai sudah beli ternyata tidak kompatibel dengan processor kalian ya!

7 – Casing dan kipas

Casing dan kipas

Casing dan kipas adalah hal yang opsional untuk mengeluarkan budget lebih ketika merakit sebuah komputer, nah kalian tinggal pilih saja macam – macam casing yang sesuai dengan budget dan ukuran motherboard kalian ya!

Itu dia tadi beberapa tips yang bisa kalian gunakan ketika hendak memilih komponen untuk rakit PC kalian sendiri. Gimana, ternyata gampang kan? Semoga bermanfaat!