Pada saat pergantian tahun, umumnya di awal awal tahun begitu orang jepang percaya bahwa mengawali tahun baru dengan sesuatu yang menarik dan ceria akan membawa keberuntungan tersendiri. Seperti yang diungkapkan oleh Tsukino Shizuku-san melalui tulisannya dalam situs animeanime,  Peran makanan dianggap salah satu unsur yang sangat penting di setiap perayaan, entah itu matsuri untuk panen, kedewasaan, peringatan hari tertentu bahkan untuk perayaan tahun baru seperti ini sekalipun. Maka dari itu Tsukino-san yang sudah sering menyumbangkan resep-resep unyu bagi para pembaca kali ini bakal kembali berbangi resep yang unik untuk menyambut tahun yang baru.

Kali ini ia akan membagikan tips membuat makanan dengan muka anime, alias biasanya dikenal dengan kyaraben (kyara=character, ben=bentou/bekal). Dalam resep ini kalian nggak perlu menyiapkan benda-benda aneh semacam mold, cutter, atau alat perlengkapan bentou maker professional, karena bahan dan alat yang digunakan sangat simpel sehingga siapapun bisa mencobanya tanpa takut gagal 😀

Ada empat tutorial karakter yang akan kita praktekkan disini, yang pertama yaitu Akaza Akari, Toshino Kyoko, Funami Yui dan Yoshikawa Sanatsu dari anime Yuri Yuri. Semuanya terlihat cute dan hmm…nampak seperti mainan, tapi jangan salah, semuanya bisa dimakan kok 😀 Karena bentuknya yang lucu dan unik, makanan ini bisa kalian hidangkan begini saja di meja makan atau kalian tambahkan beberapa hiasan seperti telur, sayur dan buah sebagai pelengkap bekal sekolah/kerja. Yaudah lah, yuk cuss praktek ketimbang banyak omong 😀

1 – Akaza Akari

Akari-Akaza 76337

Untuk membuat Akari-chan yang imut, siapkan 4 –  biji kentang dan beberapa lembar daging sapi asap. Pilih daging yang nggak banyak lemaknya ya biar warna merahnya terlihat segar. Mula-mula kentang di kukus lalu dilumatkan/dilembutkan (mash popato). Kentang berguna sebagai bentuk dasar wajah. Setelah dilembutkan, tambahkan garam, kaldu dashi dan sedikit mentega yang sudah dicairkan (bila tidak ada dashi, silahkan gunakan masako atau penyedap rasa lain secukupnya). Daging sapi asap (boleh disajikan begitu saja atau dikukus sebentar) yang telah disediakan lalu digulung menyerupai rambut. Potong dua lembar lagi untuk membentuk poninya. Setelah semuanya tertata rapi, tambahkan potongan nori sebagai mata dan mulut.

2 – Toshino Kyoko

kyoko_toshino_c__by_vyxy-d858vit 76338

Bahan utama yang diperlukan adalah omelette dan matsukazeyaki. Untuk omelette kalian cukup menyiapkan dua buah telur dan daging cincang, campur keduanaya lalu bumbui dengan kaldu, madu, mirin dan shoyu. Kukus dengan api sedang sampai matang. Omelette digunakan untuk membentuk bagian rambut. Sedangkan untuk membuat matsukazeyaki siapkan dada ayam yang dibumbui dengan miso, mirin, kaldu, gula merah, garam, serta shoyu. Remas remas sampai bumbu meresap lalu iris tipis dan panggang hingga kecolekatan. Gunakan matsukazeyaki sebagai dasar wajah dan hiasi dengan omelette  nori. Potong wortel, bentuk sebagai pita dan sematkan di bagian rambutnya.

3 – Funami Yui

IMG_2305 76339

Jika resep yang petama dan kedua dibuat dari telur dan daing maka karakter yang ketiga ini akan kita uat dengan cukup mudah karena hanya menggunakan jamur shitake, wortel dan akar teratai. Cukup dengan merebus semua bahan menjadi satu seperti membuat oden 😀 Masukkan jamur di air yang mendidih tapi jangan sampai terlalu empuk, gunanaya agar kulit jamur mudah dikelupas. Kelupas bagian depan saja, kira-kira cukup untuk meletakkan nori membentuk wajah. Yang belum pernah membuatnya mungkin akan sedikit kesulitan di bagian ini karena mengupas kulit jamur memerlukan kesabaran ekstra. Jika terlalu pucat, atau mengupasnya terlalu bersih, gunakan shoyu yang diusapkan dengan kuas supaya bagain rambt lebih gelap 😀 Untuk pelengkapnya, silahkan potong wortel dan akar teratai lalu susun di mangkok, tuangkan sedikit kuah yang dibat dari shoyu, mirin dan kaldu danshi.

4 – Yoshikawa Sanatsu

anime 76340

Terakhir, super duper gampang banget. Siapkan selonjong (?) kamaboko. Kalau belum tahu apa itu kamaboko, coba cari dulu di googleseperti apa bentuknya 😀 Kamaboko ini biasanya disebuh pasta ikan, atau kukusan ikan, atau sejenisnya karena emang terbuat dari olahan ikan yang dicetak dan diberi warna-warna tertentu. Nah untuk membuat bentuk sanantsu, kita pilih kamoaboko dengan warna pink. Iris kamaboko dengan ketebalan sedang menjadi beberapa bagian sama besar. Karena biasanya warna hanya terdapat di bagian atasnya saja maka kita akan mengupas satu potong kamaboko agar warna putih dan pink nya terpisah. letakkan yang putih diatas piring lalu beri potongan nori yang sudah dibentuk menjadi mata dan bibir. lalu sisa potongan yang pink disusun agak menumpuk diatasnya, potong jga bagian depan supaya menyerupai poni ya. Setelah itu potong kecil wortel kukus dan sematkan sebagai hiasan tali rambut. Susun sisa potongan kamaboko lainnya di belakang. Tadahhh~ sudah jadi,..

76336

Nah begitulah kira-kira resep simpel yang dapat kalian coba praktekkan di rumah. Jika ingin mengetahui resep lainnya dari Tsukino-san yang sudah mimin posting silahkan klik di sini (Cookies Owari no Seraph), di sini (Umaru-chan Nigiri) dan di sini (Bentou Saitama One Punch Man). Selain resep diatas Akibanation juga punya resep pembuat mitarashi dango ala Rilakkuma yang imut di sini.

Buat kalian yang suka masak taua lagi belajar masak pantengin terus ya, next time karena sudah semakin dekat dengan valentine mimin bakal berbagi resep yang berhubungan dengan cintaaa dan kasih sayang. Bentuknya berupa apa? Coklat? Cookies? Kue? atau masakan yang lain? liat aja nanti deh 😀 Psstt… mimin juga mau kasih bocoran nih buat kalian yang domilisi surabaya dan bingung mau kasih apa pas valentine, kunjungi aja promo spesial disini >>>klik<<< Selamat Mencoba!