Content provided by Keepo. Baterai menjadi komponen yang paling penting dari smartphone karena kalau tidak ada itu, smartphone akan menjadi benda mati yang nggak berguna. Meskipun sekarang ini smartphone sudah dilengkapi dengan teknologi canggih, baik untuk baterai hp Li-ion dan juga Li-Poly, baterai masih punya kelemahan dan salah satunya yang akan kita bahas kali ini, yaitu masalah “tidak mau dicas”.

Emang keliatannya sepele sih, tapi siapa sangka kalo kejadian ini datang di waktu yang tak terduga, akan jadi bencana besar! Nah, daripada nanti kalian bingung kalo sampe kejadian, mendingan baca 5 tips ini supaya nggak panik!

Baca Juga:

1 – Matikan smartphone terlebih dahulu

Matikan smartphone terlebih dahulu

Salah satu cara yang paling gampang untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan mencoba mematikan smartphone terlebih dahulu. Dalam beberapa kasus, cara yang satu ini cukup efektif untuk mengatasi masalah baterai yang gak bisa dicas. Cara lain yang bisa kamu coba adalah, isi ulang daya baterai dalam keadaan smartphone mati.

2 – Melakukan sofware update

Melakukan sofware update

Pada beberapa kasus, bug yang ada dalam sebuah software atau OS yang kita gunakan berpengaruh besar kepada penggunaan batrei, dan nggak jarang justru software dan OS kita sendirilah yang membuat batrei hp tidak bisa dicas mendadak. Nah, solusinya adalah dengan mencoba update software ke versi yang paling baru untuk menyelesaikan masalah bug ini.

3 – Ganti baterai HP

Ganti baterai

Kalau masalah itu masih terus muncul, sekarang ini cobalah untuk mengganti baterai smartphone kalian dengan yang baru. Eits, yang perlu diingat adalah hindari penggunaan baterai yang tidak asli alias “KW”, karena selain mendapatkan umur pemakaian yang pendek, penggunaan baterai “KW” juga akan mempengaruhi kinerja smartphone dan membahayakan keselamatan smartphone kalian sendiri ya!

4 – Perbaiki port USB smartphone

Perbaiki port USB smartphone

USB Port yang ada dalam sebuah smartphone menjadi hal yang jarang kalian perhatikan, iya nggak? Tapi, siapa sangka kalo benda kecil yang satu ini justru sangat berpengaruh dan bisa menjadi salah satu faktor kenapa kalian gak bisa ngecas HP. Kalau ditemukan kerusakan atau karat, ada baiknya untuk segera menggantinya daripada menimbulkan “korsleting” yang bisa merusak smartphone secara langsung.

5 – Ganti kabel USB charger

Ganti kabel USB charger

Kalo keempat cara diatas dicoba dan masih belum berhasil, barangkali tips kelima ini menjadi senjata pamungkas kita untuk memperbaiki smartphone yang tidak bisa dicas. Cobalah untuk mengganti kabel USB charger kalian dengan yang baru, dan hindari penggunaan kabel dengan kualitas “KW” untuk menghindari kerusakan dan kecepatan pengisian yang lebih cepat.

Kalo cara ini berhasil, pastikan kamu lebih merawat dan menjaga baterai HP kamu ya. Kan sayang banget kalo pemakaiannya asal-asalan.