Akiba-chan dan akiba-kei pasti sudah nggak asing lagi dengan nama Samurai Blue. Timnas dari jepang ini tampil cukup prima dalam World Cup 2018. Mereka sempat dipuji dan dielu-elukan karena sepak terjangnya yang memukau. Kendati mereka harus gugur melawan Belgia awal bulan kemarin. Nah, sesaat setelah pulang kampung dan melihat anak-anak thailand terjebak dalam goa, timnas jepang pun ikut serta mensupport mereka dengan kirim bantuan dan jersey.

Selain itu, timnas jepang juga telah mengirimkan 13 buah jersey yang telah ditanda tangani. Jersey tersebut untuk 12 korban serta pelatihnya. Bentuk dari support agar anak-anak tersebut tetap semangat dan tidak pantang menyerah. Mereka juga mengirimkan pesan sederhana namun menyentuh hati saat anak-anak itu masih dalam misi penyelamatan.

Kami timnas jepang yang telah berpartisipasi dalam FIFA World Cup ingin mengucapkan sepatah kata kepada tim sepak bola Thailand dan pelatihnya yang masih terjebak dalam goa. JANGAN MENYERAH, BERTAHANLAH, DOA FOOTBALL FAMILY SELALU BERSAMA KALIAN!”

Seperti yang sudah akiba-chan dan akiba-kei dengar di media yang sedang ramai. Satu tim sepak bola anak-anak Thailand terjebak dalam goa yang tergenang air. Mereka masuk untuk melakukan latihan mental saat goa masih kering. Lalu hujan turun dan membuat goa tergenang air dan lumpur. Anak-anak dan pelatihnya tersebut terjebak selama hampir 2 minggu sebelum akhirnya ditemukan dan dievakuasi oleh team sar.

Dengan segera, tindakan Samurai Blue ini disambut komentar hangat dari berbagai penjuru dunia. Banyak netizen merasa tindakan timnas jepang ini menjadi salah satu bantuan sangat berarti. Dan tentunya jersey mereka diharapkan dapat memberi semangat lebih kepada korban yang selamat.

“Aku orang Thailand dan aku bangga dengan manner timnas jepang. Terimakasih banyak!”

“Aku sangat tersentuh dengan pesan dari mereka. Sungguh berjiwa besar.”

“Terimakasih telah menyemangat anak-anak emas kami. kalian juga harus semangat!”

Pemberian bantuan dan jersey oleh timnas jepang ini jika dilihat lagi bukan hanya sekedar karena bola. Tapi juga menyangkut kemanusiaan dan hati nurani. Saat anak-anak tim sepak bola Thailand itu dikabarkan selamat, timnas jepang pun sangat gembira dan berharap bisa bertemu, serta melihat pertandingan mereka di masa depan.