Istilah ‘utaite’ yang sering melekat pada penyanyi yang meng-cover lagu-lagu di dunia maya kini tak lagi hanya disandingkan bagi orang Jepang saja. Di Indonesia pun, kini sudah mulai bermunculan utaite yang kualitas suaranya tidak kalah dengan utaite Jepang yang telah mendunia. Para penyanyi yang tergolong ‘indie’ ini biasanya merekam dan meng-upload karyanya di situs Nico Video atau Youtube dan telah memiliki fans-nya sendiri-sendiri.

Belum lama ini, para utaite asal Indonesia baru saja memberikan prestasi terbaik di ajang utaite Internasional. Pada Agustus 2015 lalu, tim Indonesia berhasil memenangkan sebuah event utaite di Youtube yang bernama ‘Youtaitevision 2015’ yang diikuti oleh beberapa negara lainnya seperti Amerika Serikat, Rusia, Swiss dan Armenia. Event ini diselenggarakan selama beberapa minggu dan telah melalui tahap demi tahap yang cukup ketat. Para tim dari masing-masing negara berlomba-lomba menyanyikan lagu dan membuat video sebagus mungkin untuk memenangkan event ini.

Dari tim Indonesia, mereka meng-cover lagu ‘Inclusion’ dari WAVE x ALSTROeMERIA. Lagu yang dikomposeri oleh Morrigan ini sangat kental akan instrumen orkestral sekaligus memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena membutuhkan penjiwaan dan penghayatan yang baik. Meskipun demikian, tim Indonesia sangat sukses membawakan lagu ini dengan ‘nyawa’ yang berbeda dengan lagu aslinya. Harmonisasi suara yang apik dan nyaman didengar membuat suasana lagu ini terdengar lebih dramatis, didukung oleh visualisasi video yang sangat baik dan art yang sederhana namun nampak anggun.

Baca juga: Indonesia akhirnya bergabung dengan Nico Nico

Tim Indonesia terdiri dari enam utaite, yaitu Hope, Doushi, Minchi, Sayuko, Bun dan Harucchi. Dan, perlu kamu ketahui, bahwa ilustrasi di dalam PV ini adalah buatan salah satu anggota tim yang bernama Sayuko yang tidak lain adalah komikus dari serial manga ‘My Pre-Wedding’ dan ‘Me vs Big Slacker Baby’ yang memiliki nama asli Annisa Nisfihani. Selain membuat komik, ternyata ia juga aktif menyanyi dan meng-uploadnya di akun souncloud pribadinya.

Untuk animasi pada video ini dibuat oleh Kumo. Visualisasinya yang begitu menawan dan ekspresif berhasil ditampilkan disini. Dan rasanya tidak lengkap tanpa mixing yang sangat keren dari Kureshi serta kerja keras dari Hope dan Doushi.

Buat yang sudah penasaran, yuk mari kita simak video dari tim Indonesia yang satu ini!

Meskipun di upload tahun lalu, namun video ini terus kebanjiran viewers serta respon positif dari banyak kalangan. Hal ini membuat salah satu anggota tim, Hope, merasa senang dan menyampaikan ucapan syukurnya di akun Facebook miliknya, “Gue masih sering aja dapet notif komen buat chorus Inclusion tiap harinya, makasih lagi ya buat yang udah pada nonton!”

Meskipun hanya event ‘seru-seruan’, ajang ini cukup memberikan sebuah acungan jempol sebanyak-banyak untuk para utaite Indonesia bahwa bakat dari anak-anak bangsa sepatutnya dihargai dan diakui sebagai sebuah kebanggaan bagi dunia. Dengan ini, diharapkan semakin banyak pemuda yang berani berkarya dan semakin produktif lagi.

  • Fy2000™

    Whoaa bulu kudukku