The Best Anisong: Part 1 Make Your Own Charts!!

Anisong, atau lagu-lagu yang dipakai di anime memang sangat fenomenal. Terkadang suatu lagu jadi lebih terkenal karena dipakai menjadi soundtrack di Anime. Kadang juga sebaliknya, Suatu lagu menjadi identitas dari Anime itu sendiri. Jadi, ketika mendengar lagunya kita pasti lagsung terbayang Anime yang menggaet lagu tersebut. Berikut adalah Lima lagu yang sangat Fenomenal silahkan Para Akiba-kun dan Akiba-chan menilai lagu mana yang terbaik dari segi musik, lirik, maupun efek yang diberikan lagu ini terhadap animenya.

Oke kita mulai bagian pertama ini dengan anime yang agak Oldies yaa, Karena lagu-lagu Fenomenal yang dulu pasti masih mengiang di pikiran kita masing-masing.

  • Yang pertama adalah Haruka Kanata (Asian Kung-fu Generations) dari Anime NARUTO
Salah Satu Scene dalam Opening Video
Salah Satu Scene dalam Opening Video

Lagu ini merupakan Opening kedua dari Anime Naruto yang menggantikan Opening pertama R*o*c*k*s. Dimainkan oleh band yang juga sering  mengisi soundtrack Anime. Asian Kung-fu Generations mendapat perhatian yang lebih besar terutama dari pendengar di luar jepang setelah lagu mereka ini dipakai sebagai Opening NARUTO yang saat itu mulai Booming.
Lagu ini mempunyai Irama menghentak yang sangat pas dengan anime NARUTO yang bergenre Action. Saat lagu ini diputar kita semua pasti bisa langsung terbayang aksi-aksi ninja Konoha yang spektakuler.

Asian Kungfu Generations
Asian Kungfu Generations

Lagu ini diambil dari Mini-album pertama yang dirilis secara Major oleh AKG yang berjudul Hokai Amplifier.

  • Berikutnya adalah Pegasus Fantasy (MAKE-UP) dari Anime Saint Saiya.

Lagu yang menjadi Opening pertama dari Anime Saint Saiya ini seakan menjadi Identitas dari Anime tersebut. Bagimana tidak, mengisi sekitar separuh dari seluruh jumlah episode nya dan memang sepertinya dibuat khusus untuk Anime ini. Dengan musik yang khas, dan lirik yang pas dengan Anime ini, kita pasti langsung mengenali lagu ini dan terbayang para penjaga Athena.
MAKE-UP, band yang menggarap lagu ini seperti berubah menjadi penggila Saint Saiya setelah lagu Pegasus Fantasy, yang kemudian juga tercatat menjadi single mereka yang paling sukses. Bahkan setelah itu mereka merilis album dengan judul Saint Saiya, sebanyak 2 seri ditambah satu album Best Collections. Pegasus Fantasy sampai saat ini masih menjadi lagu yang fenomenal, dirilis ulang sampai beberapa kali dan bahkan banyak sekali artist yang mengcover lagu fenomenal contohnya seperti Animetal dan Sadie, hingga saat muncul Saint Saiya Omega, lagu ini pun diperbaharui dengan munculnya Pegasus Fantasy Version Omega.

MAKE-UP band
MAKE-UP band

 

Saint Seiya
Saint Seiya

  • Kemudia lanjut Change The World (V6) dari Anime InuYasha.

Setelah dua lagu yang diatas tersebut lebih mengarah ke genre Rock. Kali ini lagu yang lebih ke Pop yang tidak kalah populernya. Dibawakan oleh Boyband V6 yang menjdi single ke tujuh belas mereka, lagu ini juga menancapkan identitas dari Anime InuYasha dengan menjadi Opening pertama nya dengan lirik yan bisa mengiang-ngiang di kepala kita. Dirilis pada tahun 2000 saat boyband sedang marak-maraknya, V6 yang bernaung pada manajemen Johnny & Associates ini pun mendapat perhatian lebih, dengan lagu ini menduduki peringkat 3 pada tangga lagu Oricon.

InuYasha Characters
InuYasha Characters

V6
V6
  • Selanjutnya adalah 1/3 No Junjou Na Kanjou (Siam Shade) dari Anime Rurouni Kenshin (Samurai X)
Single Cover
Single Cover

Jika tiga lagu diatas merupakan Opening dari Anime, lagu yang satu ini merupakan Ending dari Anime Samurai X. Menjadi Ending theme song ke enam dari Anime yang sedang populer, Lagu ini pun melejit hingga berada pada posisi ke tiga tangga lagu Oricon. Lagu ini terkenal dan disebut sebagai karya terbaik dari Siam Shade. Setelah lagu ini terpilih menjadi theme song Samurai X penjualan Tiket konser dan DVD mereka pun meningkat tajam. Bahkan jauh setelah itu, lagu ini tetap mendapat perhatian lebih dari penggemar musik bahkan artis-artis lain. Buktinya banyak artis yang mengcover dan memperbaharui lagu ini. Bahkan sampai tahun 2012  lagu ini masuk ke dalam album kompilasi Counteraction – V-Rock covered Visual Anime songs Compilation dengan dibawakan oleh Fest Vainqueur.

Samurai X
Samurai X
  • Yang terakhir untuk kali ini adalah Kimi Ga Suki Da To Sakebitai (BAAD) dari Anime Slam Dunk
SHOHOKU
SHOHOKU

Lagi-lagi genre Hard Rock pada era 90an seperti halnya Siam Shade, BAAD juga meraih kesuksesan setelah lagu mereka diikutsertakan dalam Anime Slam Dunk. Kimi Ga Suki Da To Sakebitai menjadi satu-satunya hits paling sukses dari band yang berumur tidak panjang ini. Memang lagu ini cukup menarik dengan aroma classic dan hard rock, lagu ini seperti mewakilkan semangat Hanamichi Sakuragi dalam meraih kejuaraan maupun meraih Cinta dari Haruko Akagi.

 

Yah itulah Anisong-Anisong yang terbaik yang bisa saya bagikan untuk saat ini. Anisong-Anisong diatas adalah Anisong yang fenomenal, dari lagu maupun anime kuduanya saling memberikan keuntungan banyak lagu yang terkenal karena Anime nya dan banyak Anime yang dikenang karena Lagunya. Oleh sebab itu suatu Anime selalu memilih karya-karya terbaik untuk dijadikan Opening maupun Ending.

yup, dari Anisong diatas yang mana menurut Akiba-kun dan Akiba-chan terbaik? Fell free to comment~

 

 

Source: Ja.wiki, Barks, Oricon, Being