Akhir minggu lalu ada hari Halloween, dan hari tersebut dirayakan juga di negara Jepang, yang bahkan diikuti beberapa selebriti. Setiap tahun hari itu sangat ramai dirayakan diluar dengan cosplay dan kumpul bareng teman atau cari pacar, tapi dengan pandemik virus corona, tentu perayaan itu jadi tak dilakukan diluar… seharusnya. Karena dikabarkan kalau tetap saja ada yang bandel ngumpul Halloween meskipun adanya pandemik di Jepang.

Beberapa bulan lalu telah diumumkan kalau Shibuya, yang jadi salah satu lokasi perayaan Halloween informal teramai di Jepang, akan membatalkan acara Tahun Baru dan juga menyarankan orang-orang untuk tidak berkumpul saat Halloween tahun 2020 ini dikarenakan pandemik coronavirus.

Walikota Shibuya Hasebe Ken juga telah menyarankan orang-orang untuk tidak keluar ke Shibuya tapi datang secara digital online ke event Halloween Virtual Shibuya yang telah disediakan. Dan telah dipasangkan juga banyak tulisan yang menasehati untuk tidak merayakan Halloween diluar.

Tapi sepertinya hanya kata-kata tidak cukup tegas, karena ditemukan kalau saat hari Halloween pada minggu kemarin, tetap ada orang-orang yang berkumpul disitu. Tapi ada yang positif dan yang negatif disini, dengan untuk positifnya, diperkirakan kalau jumlah keramaian Shibuya saat Halloween 2020 itu 80% lebih rendah dari keramaian Halloween sebelum-sebelumnya.

Sedangkan untuk yang negatifnya, adalah terlihat kalau meskipun lebih sedikit, tetap saja lumayan ramai, dan yang lebih parah lagi adalah disitu juga ada perkumpulan para anti-masker dan mereka yang tak percaya akan Covid-19, dan terlihat dari foto-foto online kalau banyak cosplayer yang datang kesitu juga tidak memakai masker.

Dan yang mengecewakan lagi adalah tak hanya disitu. Dari Shibuya di Kanto kita pindah ke Osaka di Kansai, spesifiknya di Minami, dimana ditemukan juga memiliki keramaian perkumpulan orang-orang yang merayakan Halloween seperti di Shibuya.

Tapi yang mengejutkan adalah keramaiannya lebih besar lagi daripada yang ada di Shibuya. Dengan keramaian yang lebih besar, foto-foto online memperlihatkan kalau lebih banyak orang-orang yang berdesakkan sambil menari dan berpesta-pora.