Pokemon memang telah menjadi nama yang mendunia. Hampir tak ada yang tak pernah dengar nama itu, dan banyak juga yang kenal akan seri itu dan juga beragam Pocket Monster didalamnya yang jumlahnya sampai ratusan. Dan dari ratusan monster tersebut semuanya memiliki popularitas tersendiri di negara-negara tertentu. Dan bicara soal itu, mari kita lihat siapa Pokemon yang terpopuler di negara Indonesia.

Data popularitas ini dibuat oleh website toy reviewer Toy Zone, dimana mereka menganalisa Pocket Monster yang paling populer pada setiap negara di dunia. Data tersebut dibuat untuk merayakan anniversary 25 tahun dari seri Pokemon.

Berkat Pikachu yang menjadi karakter utama dari anime Pokemon dan game Pokemon Yellow dan Lets Go Pikachu, lumayan bisa ditebak kalau secara keseluruhan sang tikus kuning imut itu menjadi Pokemon yang paling populer di dunia, dengan yang lumayan besar popularitasnya berada pada negara-negara di Benua Afrika.

Tapi ada beberapa tempat dimana Pikachu bukan ada pada posisi teratas, contohnya yang agak mengejutkan adalah Amerika Serikat dengan Pokemon terpopuler disana adalah sang Pokeon hantu Gengar. Benua Amerika dan Eropa juga menariknya memiliki variasi popularitas Pokemon yang beragam dan tak banyak yang didominasi Pikachu.

Contoh yang agak ironis lagi akan hal itu adalah di kampung halaman seri tersebut di Jepang, dimana yang paling populer juga bukannya Pikachu tapi malah Eevee, Pokemon yang menjadi rival Pikachu dalam game Pokemon Yellow dan jadi protagonis game Lets Go Eevee.

Tapi balik ke topik utama, pada map daerah Asia Timur Selatan dan Australia, ditampilkan juga Pokemon yang populer di bagian Asia Tenggara, dan disitu diperlihatkan kalau ternyata Pokemon yang paling populer di negara Indonesia… bukan Squirtle, bukan Pikachu, tapi… Mew!

Yup, Pokemon Rare legendaris dari generasi pertama yang mistikal dan imut yang jadi sumber dari MewTwo. Pokemon tersebut juga yang paling populer di Taiwan dan berbagai negara di region Timur Tengah seperti Afganistan, dan masuk dalam list Top 10 Pokemon terpopuler secara keseluruhan menempati posisi 7.