Bagi seorang penggemar anime yang tidak menyukai pembajakan pastinya akan berusaha mencari situs penyedia anime yang legal. Akan tetapi, sekarang ini sangat susah untuk menemukan situs semacam itu. Kebanyakan yang ditemui malah situs-situs streaming dan download anime yang tidak terjamin kelegalannya. Terutama di Indonesia, hukum hak cipta belum terlalu ditegakkan. Pembajakan karya ada di mana-mana. Karena sulit menemukan yang legal, seseorang terpaksa menurunkan idealisme mereka untuk mengunjungi situs yang ilegal.

Nah, datang dari pengertian Akiba Nation akan pembaca sekalian yang mengalami hal di atas, maka disajikanlah daftar ini. Telah disusun dari berbagai sumber, berikut ada lima situs penyedia anime yang legal dan bisa dibilang gratis. Situs yang mana saja kira-kira? Yuk, langsung dilihat namanya di bawah ini. 😀

1. Crunchyroll.com

Yang berada di urutan pertama adalah Crunchyroll! Ya, Crunchyroll merupakan situs penyedia anime yang legal dan paling populer. Selain bisa diakses melalui browser, Crunchyroll juga tersedia dalam bentuk aplikasi android. Menariknya, situs ini bukan hanya sekadar menyajikan fitur streaming anime, akan tetapi Minna-san juga bisa ikut mengobrol bersama kawan-kawan dengan hobi yang sama di forum milik Crunchyroll. Tidak cuma sampai di situ saja, Crunchyroll pula menyediakan informasi terkini seputar animanga Jepang dan membaca manga secara online.

Satu hal yang keren dari Crunchyroll nih, jika Minna-san menjadi anggota premium, maka Minna-san dapat menikmati tayangan anime terbaru setelah penyiarannya di jaringan televisi Jepang selesai. Tapi, ada biaya yang dibebankan untuk fitur satu ini. Biaya yang ditangguhkan setara dengan kualitas yang Crunchyroll berikan. Jadi, Minna-san tidak usah takut dompetnya kering tapi mendapatkan pelayanan dengam yang tidak mumpuni, ya! Crunchyroll cukup profesional kok.

2. Daisuki.net

Atas dukungan berbagai lembaga, Daisuke akhirnya berdiri sebagai situs penyedia anime yang legal. Dengan disokong oleh Aniplex Inc, Sunrise Inc, Toei Animation CO.LTD, TMS Entertainment CO.LTD, Nihon Ad Systems Inc, Dentsu Inc, dan Asatsu-DK Inc, Daisuke hadir mengobati rasa dahaga para penggemar anime. Bagi Minna-san yang takut akan virus atau malware mengancam PC dari sebuah situs, maka jangan khawatir mulai dari sekarang, karena Daisuke terbilang cukup aman.

Akiba-chan dan Akiba-kei semua diharapkan mempersiapkan kuota sebelum membuka situs satu ini, karena boleh jadi kalian tidak akan berhenti nonton selama satu jam saja, melainkan berjam-jam lamanya! Ya, Daisuke membuat siapa pun lupa waktu, lupa makan, dan lupa sama gebetan yang baru saja ditikung teman sendiri. Situs ini juga tidak hanya akan menyuguhkan tayangan anime, melainkan juga menyediakan berbagai merchandise asli dari platform e-commerce miliknya. Jadi, Minna-san yang ‘freak’ sama barang-barang koleksi berbau anime bisa mampir ke sini. Oh iya, ada fitur gratis juga di Daisuke kok, tenang saja. 😉

3. Theanimenetwork.com

Situs ini menawarkan beragam anime dengan subtitle berbahasa Inggris. Pilihan untuk menonton pun sangat banyak dengan beragam genre. Serupa dengan Crunchyroll, situs ini juga menyediakan ruang untuk berdiskusi melalui forum yang ada. Bukan cuma itu, jadwal penayangan anime-anime terbaru, berita seputar anime dan manga terkini juga ada. Anime Network pas buat kamu yang suka pilih-pilih genre dalam menonton anime serta suka membaca artikel.

Baca juga: 5 Game Online yg Diadaptasi dari Manga dan Anime Ini Wajib Minna-san Mainkan!

Sayangnya, situs ini hanya menawarkan keanggotaan gratis hamya selama 2 minggu. Jadi, mau tidak mau, jika ingin terus menikmati serial anime Jepang dari situs ini, maka kamu harus melanjutkan dengan keanggotaan berbayar. Dua minggu juga sudah lumayan lama kok sebenarnya. Akan tetapi, bagi pencinta anime (dan orang yang kurang bersyukur) mungkin bakal terasa cepat sekali. Untuk soal kekurangan lainnya dari Anime Network, mayoritas anime yang tersedia belum dapat diakses di Indonesia. Hanya ada dua kekurangan tersebut untuk saat ini.

4. Hulu.com

situs penyedia animeMulanya, situs ini bisa kamu nikmati dengan membuat keanggotaan secara gratis. Tapi, saat ini Hulu hanya menyediakan akun gratis selama seminggu saja. Huh, cuma seminggu! Dua minggu saja kurang bagi kami! *nangis bombay* Oh iya, saat melakukan registrasi gratis pun, kamu harus menyertakan akun kartu kredit yang akan kamu gunakan untuk membayar jika melanjutkan keanggotaan. Memang agak ribet, sih. Tapi kualitas yang ditawarkan Hulu lebih dari sekadar mumpuni.

Hulu tidak hanya menyajikan tayangan anime online saja, melainkan juga berbagai serial animasi dan televisi kabel. Tayangannya pun bervariasi antara yang menggunakan subtitle dan dubbing. Kamu juga bisa menentukan sendiri resolusi video dari film yang akan kamu saksikan. Jadi, bisa disesuaikan dengan perangkat elektronik yang kamu gunakan. Minna-san akan merasakan pengalaman menonton anime yang tidak pernah dirasakan sebelumnya! Seperti di surga gitu, deh. *masa sih?*

5. MangaMon

MangaMon sebenarnya bukan situs penyedia anime yang legal, akan tetapi situs penyedia manga online! Dan legal, tentunya. Tapi Penulis masukkan ke daftar ini agar Minna-san yang juga menyukai manga mempunyai pilihan lain selain situs-situs di atas.

MangaMon merupakan situs asal Indonesia yang telah menyajikan manga-manga terkenal dan sudah dialih-bahasakan ke Indonesia. Beberapa ada yang gratis, tapi ada juga yang berbayar. Minna-san dapat membeli manga yang ingin Minna-san baca dengan berbagai pilihan pembayaran, mulai dari Game Voucher, Kartu Kredit, ATM, hingga lewat Mini Market.

Untuk aplikasi sendiri, selain bisa diakses secara online melalui browser, MangaMon pula menyediakan aplikasi guna meningkatkan pengalaman membaca. Aplikasi MangaMon telah dirilis untuk platform Windows, iPhone, iPad, dan Android. Oh iya, ada poin yang bisa Minna-san kumpulkan di MangaMon untuk ditukarkan dengan berbagai merchandise keren. Satu lagi, MangaMon juga menyediakan artikel menarik seputar animanga dan sering mengadakan perlombaan berhadiah super-wow.

Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian, itulah keempat situs penyedia anime yang legal dan bisa dibilang gratis. Beberapanya juga menyediakan manga secara online. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya? 😀

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here