Bisa ada berbagai alasan jika ada sesuatu yang kena BAN, dengan contoh yang umum adalah sebagai hukuman karena melanggar aturan. Tapi kadang ada juga yang kena BAN karena alasan yang unik atau kece, seperti yang terjadi pada list Kono Light Novel Ga Sugoi terbaru, dimana tak hanya satu, tapi sampai ada empat seri light novel yang kena BAN dan tak bisa masuk kesitu, yaitu LN SAO, Oregairu, RyuuOu, dan ToAru.

Kono Light Novel Ga Sugoi itu sendiri, sesuai dengan kata light novel disitu, adalah list yang berisikan berbagai buku light novel populer yang dibuat sejak 2004. List tersebut lumayan diperhatikan saat ini, dimana semakin berpengaruhnya industri light novel saat ini, dengan semakin banyaknya penikmat dan penulis light novel di Jepang dan banyaknya anime light novel.

Tapi sekalian balik ke topik utama, dalam angket untuk mengisi list Kono Light Novel Ga Sugoi edisi terbaru untuk tahun 2021, disitu dituliskan kalau ada empat seri light novel yang namanya tidak diperbolehkan masuk lagi dalam list tersebut.

Mereka adalah Sword Art Online karya Kawahara Reki, Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru karya Watari Wataru, RyuuOu no oShigoto karya Shiratori Shirou, dan To Aru Majutsu no Index karya Kamachi Kazuma. Keempatnya juga sudah diadaptasi jadi anime yang populer.

RyuuOu sudah dapat adaptasi anime yang kini sedang tayang gratis di Youtube Asia Tenggara. ToAru sedang menayangkan anime lanjutan spinoff Kagaku no Railgun. SAO sedang menayangkan babak terakhir dari anime Alicization arc. Oregairu yang tak hanya telah tamat tapi juga sedang menayangkan anime season terakhirnya.

Dan itulah yang jadi hint akan alasan kenapa keempat light novel sukses dan populer itu bisa kena BAN pada list Kono Light Novel Ga Sugoi. Karena dikatakan kalau keempat light novel tersebut popularitasnya terlalu besar! 😀

Yang sudah terlihat dengan semua seri itu tak hanya masuk dalam list tersebut setiap tahunnya, tapi juga tak jarang menempati rank pertama atau memenuhi Top 3, seperti pada tahun 2017. Ini terasa bagaikan situasi pada meme Suffering From Success…