Terlalu Ecchi?? Game Duel Princess Hilang dari eShop

0
251

Nintendo Switch jadi platform yang menarik jika dibandingkan dengan Sony Playstation, karena mereka semakin berani menjual game ecchi macam visual novel dibandingkan Playstation yang kadang malah lebih banyak censor. Tapi sepertinya bahkan itupun ada batasannya, dengan contohnya adalah ecchi Tower Defense Switch game Duel Princess yang kena delist dan jadi hilang dari Nintendo eShop.

Duel Princess adalah game baru yang dikembangkan oleh Qureate. Nama yang mungkin sudah lumayan dikenal, dengan sebelum ini mereka telah merilis game-game yang dirilis untuk Nintendo Switch dan juga PC, dengan grafik dan cerita yang ecchi. Mayoritas game itu adalah visual novel, tapi kadang bisa juga dengan format beda seperti Prison Princess yang berupa puzzle game.

Untuk game Duel Princess itu sendiri, seperti yang dikatakan diawal, gameplay dari game tersebut adalah berupa tower defense. Tapi digabungkan dengan beberapa elemen gameplay lain, seperti bentuk side scrolling dan juga roguelike. Dan seperti game-game Qureate yang lain, karakternya adalah gadis-gadis sexy, dan ada berbagai adegan ecchi dari para gadis tersebut.

Dan sepertinya karena itu juga, perilisan game itu kena masalah. Minggu lalu dikabarkan kalau game itu kena delist dalam eShop Nintendo di Jepang, membuat game itu tak dapat diakses dan diunduh. Game tersebut juga telah dirilis versi Inggrisnya di Nintendo eShop luar Jepang, tapi tak lama setelah versi Jepang, game versi Inggrisnya juga kena delist dan hilang dari eShop.

Pihak Qureate tidak memberi alasan jelasnya kenapa hal itu bisa terjadi dan mengatakan kalau masalah itu sedang ditangani, tapi netizen Jepang berpendapat mungkin itu karena banyaknya konten ecchi yang yabaiii. Dan memang level ecchi itu juga terasa kurang sesuai dengan rating game tersebut yang tidak masuk dalam 18+.

Tapi sepertinya game tersebut tidak benar-benar dibuang oleh Nintendo dan ada kesempatan balik lagi, karena mereka yang sempat sudah beli dan dapat game itu masih bisa memainkannya, dan saat game itu dihapus juga masih bisa diunduh ulang lagi.