Film TenkinoKo karya Shinkai Makoto telah dirilis dan ditayangkan di bioskop Jepang selama lebih dari satu bulan, dan sejak itu telah ada juga berbagai film animanga dan juga film Hollywood yang dirilis di Jepang. Film Tenki no Ko memang populer sampai sekarang, tapi film-film lain selalu siap menyaingi popularitas film Shinkai tersebut, dan yang terbaru menghadapi dan mengalahkan Tenki no Ko akhir minggu kemarin adalah film Kaguya-sama live-action.

Ya, film adaptasi animanga Kaguya-sama wa Kokurasetai tersebut baru dirilis pada tanggal 6 September kemarin, dan dari hasil penjualan tiket ditunjukkan kalau film tersebut berhasil mengalahkan Tenki no Ko dan menempati posisi teratas dalam list weekend box office Jepang periode 7-8 September.

Film yang disutradai Kawai Hayato dan dibintangi Hirano Shou sebagai Shirogane Miyuki dan Hashimoto Kanna sebagai Shinomiya Kaguya tersebut menjual 255 lembar tiket dan memberikan 315 juta Yen pada weekend premiernya.

Hal tersebut membuat film Kaguya-sama live-action menurunkan Tenki no Ko ke posisi 2 dalam box office Jepang akhir minggu lalu. Tenki no Ko sendiri sebelumnya juga pernah dikalahkan oleh weekend premier film One Piece Stampede, tapi kini Stampede telah menurun lagi dan minggu ini berada pada posisi 5.

Sementara itu film Lion King live-action dari Disney masih tampil kuat tapi tetap dibawah Tenki no Ko pada posisi 3. Dan bicara soal Disney, dikabarkan bahwa meski Tenki no Ko gagal merajai box office akhir minggu kemarin, ada pencapaian baru yang diraih mereka.

Karena hingga akhir minggu lalu dikabarkan kalau Tenki no Ko telah menjual sampai 9 juta tiket dan mendapatkan 12.1 milyar Yen, membuat film tersebut mengalahkan film Disney lain, Aladdin live-action sebagai highest grossing film di Jepang dalam tahun 2019 ini.

Dan tak hanya itu, karena angka tersebut juga membuat Tenki no Ko berhasil mengalahkan Ghibli! Dimana mereka mengalahkan film Ghibli Kazetachinu dan Disney Aladdyn live-action dalam list highest grossing film of all time di Jepang, menempati posisi 20.