Akhir minggu lalu adalah momen yang pahit manis bagi dunia anime dan juga sutradara Shinkai Makoto. Studio KyoAni yang dipuji tinggi oleh Shinkai dimakan api pada hari film karya barunya, Tenkinoko, tayang di bioskop. Tapi meski begitu, atau mungkin bisa juga karena itu, film Tenki no Ko yang bertema cuaca dan hujan dan lagunya yang indah seperti menyejukkan fans anime, dan film itu merajai bioskop Jepang lebih dari Your Name.

Film Tenki no Ko akan mengisahkan Hodaka, seorang murid SMA yang bekerja sebagai penulis sebuah majalah occult. Tapi terjadi hal aneh dimana sejak ia mulai bekerja hujanjadi turun terus-menerus. Kemudian ia bertemu dengan seorang gadis bernama Amano, yang memiliki kekuatan spesial yang dapat menghentikan hujan.

Shinkai tak hanya terlibat sebagai sutradara tapi juga penulis naskahnya. Dengan Tanaka Masayoshi mendesain karakternya, Tamura Atsushi sebagai animation director, Takiguchi Hiroshi sebagai art director. Band RADWIMPS kembali terlibat lagi, kali ini dengan Miura Touko, dan mereka juga telah merilis MV lagu film itu pada hari perilisan Tenki no Ko.

Berjudul Ai ni Dekiru Koto wa Mada Aru kai, keindahan melodinya dan suasana MV itu yang mendung dan hujan, membuat banyak juga yang berkomentar mendoakan tragedi KyoAni pada video Youtube MV itu.

Film tersebut dirilis di Jepang pada tanggal 19 Juli kemarin, dan tampil super sukses pada weekend pertama penayangannya. Dengan tiga hari pertama perilisan film tersebut berhasil menjual 1.159.020 lembar tiket, membuatnya meraup keuntungan sebesar 1.643.809.400 Yen.  

Jumlah yang luar biasa dan mengagumkan, apalagi karena angka itu lebih besar lagi dari keuntungan yang didapat dalam tiga hari pertama penayangan anime maha karya Shinkai sebelum ini, Your Name, yang sebesar 1.277.960.000 Yen.

Dengan angka besar itu, wajar mereka melesat menjadi raja box office Jepang untuk weekend periode tanggal 20-21 Juli. Dan dengan itu mereka jadi menurunkan Toy Story 4 yang sebelumnya menempati posisi tahta 1 jadi nomor 2, dan menurunkan film CG Remake Pokemon Mewtwo dari posisi 2 jadi 3.