Akhirnya pagelaran Event tahunan Little Tokyo Blok M atau yang biasa disebut Ennichisai telah sukses di gelar pada hari sabtu dan minggu 14-15 Mei 2016 lalu. Dan seperti yang telah diprediksikan, Event yang satu ini benar-benar menjadi magnet bagi banyak pecinta Jepang, tidak hanya dari Jakarta bahkan bagi pecinta Jepang di penjuru Nusantara.

Ennichisai 2016 yang mengangkat tema Miracle Ennichisai 2016 Power of Love ini memang masih mempertahankan penampilan-penampilan Budaya yang setiap tahun rutin diadakan, ditambah ratusan stand kuliner dan pernak-pernik ala Jepang yang memenuhi area Blok M Square memang menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri. Dan benar saja, di penyelenggaraan yang kesekian kalinya ini, Ennichisai pun menorehkan sesuatu yang patu diapresiasi. Memang disetiap tahunnya Event yang satu ini selalu membuat kawasan Blok M menjadi super Padat, tapi di tahun ini menurut keterangan Zhuge Kamiya salah satu directors CLAS:H saat memandu CLAS:H National Cosplay Competition di Pop Culture Satage Ennichisai mengatakan bahwa, Ennichisai kali ini telah dihadiri sekitar 250.000 pengunjung, dan dengan angka seperti itu Ennichisai tidak hanya menjadi event Jepang terbesar di Indonesia melainkan dapat dikategorikan sebagai Event Jepang terbesar di Dunia.

Crowd Ennichisai
Padatnya pengunjung, bahkan untuk berjalan pun butuh perjuangan.

Hal ini pun memang tak dapat dipungkiri, jika hari sabtu dan minggu kemarin kalian datang di Event yang mempunyai Dua Stage besar bertema Pop Culture dan Tradisional Culture ini, Kalian sudah pasti bisa merasakan bagaimana padatnya event ini. Kepadatan tersebut selaras dengan apa yang didapatkan pengunjung memang, tak hanya beragam stand yang dapat dinikmati pengunjung melainkan Hiburan non stop yang diberikan diatas Panggung baik itu Pop Culture maupun Traditional Stage merupakan daya tarik yang tidak bisa dilewatkan di Event yang selalu diselenggarakan pada bulan Mei ini. Bahkan sebagai pengunjung, mungkin kalian juga merasakannya, kadang kita akan sulit memilih antara Penampilan yang disajikan diatas panggung pop stage atau tradisional stage, karena kedua stage tersebut mempuyai konten yang berbeda dan sama-sama menariknya. Pada saat tertentu, jika Pop stage dan Tradisional stage bersamaan menampilkan Performance yang keren maka pengunjung akan dihadapkan pada dilema untuk mengikuti Stage yang mana.

_MG_0024
Berpose sebelum beraksi
Cosplay Ennichisai
Penampilan Cosplay di Pop Culture Stage yang sayang untuk dilewatkan

Dan beberapa hal mungkin yang menjadi dampak dari meledak nya pengunjung hingga menjadikan Ennichisai menjadi Event Jepang Terbesar di Dunia yakni, kenyamanan dan Keamanan. Terang saja dengan pengunjung yang mencapai seperempat Juta tersebut, kawasan Blok M, yang sebenarnya cukup luas, dan membuat kita capek jika mengelilinginya tersebut, jadi terasa sempit dan penuh sesak dengan lautan manusia. Maka udara panas, berdesak-desakan saat jalan, menjadi hal yang harus kita tempuh untuk menikmati jalannya acara. Dan untuk poin keamanan, bahkan saya dan tim Akiba Nation juga mengalami pengalaman yang buruk tentang hal ini, kami kehilangan barang beharga di booth kami, (untuk hal ini karena mungkin yang datang ke booth kami dan mungkin yang menjadi pelaku pencurian juga pecinta Jepang, jika kalian membaca tulisan ini, dan masih ada niatan baik untuk mengembalikan barang yang kalian ambil, dapat menghubungi tim Akiba Nation via support@akibanation.com -bisa secara anonymous- kami tidak akan melaporkan kalian, dan kami juga akan memberi imbalan atas niatan baik kalian, lebih baik mendapatkan sesuatu yang halal, dari pada menyimpan yang haram). Tidak heran memang, jika dari 250.000 pengunjung tersebut akan ada banyak sekali orang, dan tanpa ada nya filter maka keamanan pun juga menjadi tanggung jawab masing-masing individu.

Terlepas dari dua poin yang mungkin berdampak negatif bagi berlangsungnya event tersebut, terkadang banyaknya pengunjung bisa jadi milestone dan keseruan tersendiri saat mengahdiri sebuah event. Dan Ennichisai menjadi bukti bahwa pecinta Jepang sangat puas akan hadirnya event yang berskala besar, dengan Varian hiburan yang tidak membosankan dan penyelenggaraan yang professional, menjadikan event ini semakin ramai setiap tahunnya dan termasuk dalam Event Jepang terbesar bahkan sampai tingkat Dunia.

Nantikan juga beberapa liputan kami, termasuk Prescon dan interview dengan bintang tamu dan pengisi acara Ennichisai 2016

Musumen Ennichisai
Musumen
Love Android Akiba Nation
Love Android