Salah Satu Hobbies dan Pop Culture Festival terbesar di Indonesia Timur Chocodays 2016, hadir kembali dengan tema dan keseruan yang lebih heboh dari sebelumnya. Setelah sukses dengan sebuah tema UNIVARSITY di tahun 2015 kali ini Chocodays akan menghadirkan tema CYBERPUNK di perhelatan tahun 2016. Diselenggarakan pada 10-11 Desember 2016 di venue baru yaitu Marvell City Surabaya

Chocodays yang merupakan singkatan dari Comic Hobby and Cosplay rutin memanjakan Pop Culture Enthusiast dan Komunitas hobby di Surabaya dengan  sajian event dan Tema unik di setiap tahunnya. Dengan Tema CYBERPUNK, Chocodays 2016 kembali siap mengguncang para pecinta Pop Culture di Surabaya maupun Jawa Timur di gelaran ke 6 nya.

Menurut saya pribadi, pemilihan Tema CYBERPUNK ini tergolong unik, di tengah derasnya event Pop Culture, terutama Pop Culture Jepang, yang bermunculan. Karena banyaknya event tersebut seringkali membuat kita susah untuk memilih event yang keren. Apalagi kalau setelah datang even bakalan kecewa dengan entah itu tema atau sajian acaranya. Well, karena semakin banyak event, tema-tema yang mereka angkat juga hampir tidak jauh bedanya. mungkin satu dua event aja yang beneran Ngena. Oleh karena itu saya cukup antusias dengan Tema CYBERPUNK yang diangakat oleh Chocodays ini.

Maskot Chocodays yang didesain ala Cyberpunk
Maskot Chocodays yang didesain ala Cyberpunk

Apa sih itu CYBERPUNK?

Sebelum saya coba bahas tentang acaranya, kita coba bahas dulu nih yang jadi tema di Chocodays 2016 yaitu CYBERPUNK. Yang juga bikin saya excited. CYBERPUNK sendiri merupakan sebuah Sub-genre dari science fiction yang juga sering diangkat menjadi tema dalam Film dan Game yang popular di Jepang maupun Barat. Udah pada tahu kan judul-judul seperti Neon Genesis Evangelion, Metal Gear Solid, bahkan Gundam adalah beberapa franchise yang mengangkat tema Cyberpunk.

Cyberpunk menceritakan sebuah masa dimana tekhnologi sangat maju, tetapi kehidupan jauh dari apa yang diharapkan. Entah bumi dikuasai oleh Robots, Organisasi Kejahatan, atau baru saja mengalami bencana hebat. Dengan tema seperti ini memang banyak yang mengangkatnya menjadi tema Game, namun seperti yang saya sebutkan, banyak sekali anime yang juga mengangkatnya. Salah satu yang lagi panas yaitu Anime Ghost in The Shell yang juga akan dibikinkan Live action nya. hehe

ghost-in-the-sell

Secara visual pun CYBERPUNK juga memberikan visualisasi yang keren dan berbeda, penampilan tokoh-tokoh dalam dunia cyberpunk dibalut dengan tekhnologi tetapi tidak lepas dari kesan “gelap” dari dunia yang sedang tidak kondusif. Dari visualisasi seperti ini pun kita dapat melihat bahwa banyak hal yang dapat diekplorasi dari sebuah tema Cyberpunk. Mungkin kita bakal dapat melihat cosplayer-cosplayer keren dengan tema mecha atau tema lain yang berhubungan dengan cyberpunk. Cyberpunk pun juga memiliki genre musik unik yang mungkin dapat jadi ruang eksplorasi bagi para peformer.

List Kompetisi yang akan ada di Chocodays 2016
List Kompetisi yang akan ada di Chocodays 2016

Maka kita kembali lagi ke Chocodays 2016 yang baru-baru ini juga mempublish beberapa konten acara, atau kompetisi yanng diselenggarakan. Dan layaknya Gelaran di tahun sebelumnya Chocodays masih akan mempertahankan Kompetisi dan rangkaian Acara pop culture Jepang seperti Cosplay, Live drawing competition, Anisong, dan Dance photography, namun ada yang sedikit berbeda dari beberapa kompetisi yang diposting oleh Chocodays melalui official Fans Page nya tersebut.

Baca Juga: Nostalgila! 10 Anime Jadul Yg Paling Diinginkan Fans Jepang Untuk Direboot

Yang pertama adalah ada kompetisi baru yakni seiyuu competition, yang ditahun sebelumnya belum pernah diadakan. Namun Seiyuu competition sendiri juga sudah mulai bermunculan di beberapa Event-event pop culture di Indonesia sekarang.

Selain Seiyuu, yang juga cukup menarik perhatian adalah “Digital Speed Art Battle”. Dari namanya mungkin kompetisi ini adalah bagian atau mungkin modifikasi dari Live drawing competition. Seperti apa detail atau formatnya? mungkin kita akan update setelah ada informasi lebih lanjut dari Chocodays. Yang pasti dengan adanya detail seperti Digital dan Battle, mungkin yang satu ini bakal memberikan sesuatu yang sangat menarik yang belum pernah diadakan oleh event serupa sebelumnya.

Venue Baru Chocodays
Venue Baru Chocodays

Diselenggarakan selama Dua Hari, CHOCO Days 2016 juga diharapkan mampu mengulang kesuksesan CHOCO Days 2015 yang berhasil mendatangkan 5000 Pengunjung. Dan dengan venue baru Marvell City Surabaya diharapkan memberikan kesegaran bagi para pengunjung dan pecinta Pop Culture yang akan memeriahkan CHOCO Days 2016.