Content provided by Keepo. Kalo kalian lihat perkembangan teknologi di sekitar kita, ternyata inspirasinya bukan hanya melalui pemikiran manusia saja dengan kumpulan rumus yang rumit, namun justru idenya didapatkan dari alam di sekitar kita.

Baca Juga: Ditemukan Genre Fetish Baru! Rucksack Oppai!! NSFW

Beberapa hewan di bumi ini ternyata menjadi inspirasi para peneliti untuk menciptakan teknologi yang canggih, seperti 5 hewan ini. Apa saja ya kira-kira? Yuk kita cari tahu bersama.

1 – Hiu dengan teknologi yang di pake untuk pesawat terbang

Hiu dengan teknologi yang di pake untuk pesawat terbang

Banyak yang nggak percaya kalo hiu jadi salah satu inspirasi teknologi yang digunakan untuk pesawat terbang. Sebagai predator yang sangat buas, hiu memiliki kecepatan yang sangat tinggi untuk mengejar mangsanya. Ternyata, kunci kecepatannya bukan hanya pada bagian siripnya saja, namun pada permukaan kulit mereka yang dikenal sebagai dentikel. Sebuah ide brilian akhirnya ditemukan oleh tiga ilmuwan Fraunhofer Society, yang mengembangkan sebuah cat yang bisa membuat pesawat berjalan lebih cepat dan mengurangi hambatan saat terbang di angkasa.

2 – Tokek dengan teknologi yang dipakai pada alat perekat

Tokek dengan teknologi yang dipakai pada alat perekat

Tokek, cicak dan sejenisnya punya kemampuan untuk menempel pada dinding tanpa terjatuh. Banyak yang bertanya bagaimana cara mereka melakukannya. Akhirnya, pada tahun 2002 yang lalu, para peneliti berhasil mendapatkan jawabannya. Ada jutaan rambut pada kaki tokek yang disebut setae, yang membantu mereka untuk menempel pada dinding. Akhirnya, hal ini dikembangkan oleh mahasiswa lulusan University of Massachusetts untuk menciptakan perekat super yang terinspirasi dari seekor tokek.

3 – Kelelawar dengan SmartCanes, alat bantu untuk kalangan tunanetra

Kelelawar dengan SmartCanes, alat bantu untuk kalangan tunanetra

Kelelawar dikenal dengan hewan yang punya kekuatan nokturnal. Mereka bisa merasakan adanya objek di sekeliling mereka meskipun dalam keadaan gelap. Mereka memancarkan frekuensi tinggi yang bisa memantulkan sinyal pada benda di sekelilingnya. Nah, hal ini yang menginspirasi terciptanya tongkat SmartCanes. Tongkat ini bisa membantu kaum tunanetra dengan memberikan feedback berupa getaran pada alat ini untuk mengetahui halangan yang ada di depan mereka.

4 – Kupu-Kupu dengan Teknologi Layar Bebas Silau

Kupu-Kupu dengan Teknologi Layar Bebas Silau

Kalau kalian punya smartphone, rata-rata sekarang ini produsen smartphone sudah memberikan teknologi anti silau pada layar produk mereka sehingga kalian bisa menikmati dan menggunakan smartphone di bawah terik matahari sekalipun. Nah, rupanya hal ini terinspirasi dari kupu-kupu.

Kupu-kupu punya sayap dengan prinsip anti silau meskipun punya bentuk yang sangat tipis. Sebuah sistem nanscopic pada sayap kupu-kupu ini yang akhirnya diterapkan pada teknologi layar smartphone kekinian.

5 – Rayap dengan teknologi yang digunakan pada bangunan hijau

Rayap dengan teknologi yang digunakan pada bangunan hijau

Meskipun masuk dalam kategori hewan yang merugikan manusia, siapa sangka kalo justru rayap ini juga menginspirasi manusia. Para insinyur mempelajari bagaimana cara mereka berkoloni dan memiliki tempat tinggal yang kokoh, yang terbukti ampuh mengatur suhu dalam gundukan besar yang mereka buat. Nah, hal ini yang menginspirasi bagaimana akhirnya manusia bisa membangun bangunan hijau, sebut saja Eastgaet Center di Harare yang menggunakan prinsip arsitektur hijau yang digunakan dalam gundukan rayap.

Itulah 5 hewan yang jadi inspirasi penciptaan teknologi untuk membantu manusia. Seandainya aja ada teknologi yang bisa membuat kita mengeluarkan jaring atau indera bahaya seperti Spider-man ya. Pasti seru banget.

Comments